Apa Itu Startup? Definisi Startup Beserta Hal Hal Penting Yang Wajib Diketahui

Apa Itu Startup?

Istilah startup mengacu pada perusahaan pada tahap pertama atau dapat dibilang sebagai perusahaan rintisan. Startup didirikan oleh satu atau lebih pengusaha yang ingin mengembangkan produk atau layanan yang mereka yakini ada permintaannya.  Perusahaan-perusahaan ini umumnya memulai dengan biaya tinggi dan pendapatan terbatas, itulah sebabnya mereka mencari modal dari berbagai sumber seperti kapitalis ventura.

Startup adalah perusahaan atau usaha yang berfokus pada satu produk atau layanan yang ingin dibawa oleh pendiri ke pasar.  Perusahaan-perusahaan ini biasanya tidak memiliki model bisnis yang sepenuhnya berkembang dan, yang lebih penting, kekurangan modal yang memadai untuk pindah ke fase bisnis berikutnya. Sebagian besar perusahaan ini awalnya didanai oleh pendiri mereka.

Banyak startup beralih ke orang lain untuk mendapatkan lebih banyak dana, termasuk keluarga, teman, dan pemodal ventura. Startup dapat menggunakan modal awal untuk berinvestasi dalam penelitian dan mengembangkan rencana bisnis mereka.  Riset pasar membantu menentukan permintaan akan produk atau layanan, sementara rencana bisnis yang komprehensif menguraikan pernyataan misi, visi, dan tujuan perusahaan, serta strategi manajemen dan pemasaran.

Faktor yang harus diperhatikan

Ada sejumlah faktor berbeda yang harus dipikirkan pengusaha saat mereka mencoba memulai dan memulai operasinya.  Kami telah mencantumkan beberapa yang paling umum di bawah ini.

  • Lokasi

Lokasi dapat membuat atau menghancurkan bisnis apa pun.  Dan ini sering menjadi salah satu pertimbangan terpenting bagi siapa pun yang memulai di dunia bisnis.  Startup harus memutuskan apakah bisnis mereka dilakukan secara online, di kantor atau kantor pusat, atau di toko.  Lokasi tergantung pada produk atau layanan yang ditawarkan.

  • Struktur Hukum

Startup perlu mempertimbangkan struktur hukum apa yang paling sesuai dengan entitas mereka.  Kepemilikan tunggal cocok untuk pendiri yang juga merupakan karyawan utama sebuah bisnis.  Kemitraan adalah struktur hukum yang layak untuk bisnis yang terdiri dari beberapa orang yang memiliki kepemilikan bersama, dan mereka juga cukup mudah untuk didirikan.  Tanggung jawab pribadi dapat dikurangi dengan mendaftarkan perusahaan rintisan sebagai perseroan terbatas (LLC).

  • Pendanaan

Startup sering mengumpulkan dana dengan beralih ke keluarga dan teman atau dengan menggunakan pemodal ventura.  Ini adalah sekelompok investor profesional yang berspesialisasi dalam mendanai startup. Saat ini, crowdfunding telah menjadi cara yang layak bagi banyak orang untuk mendapatkan akses ke uang tunai yang mereka butuhkan untuk maju dalam proses bisnis.  Pengusaha membuat halaman crowdfunding online, memungkinkan orang yang percaya pada perusahaan untuk menyumbangkan uang.

Startup dapat menggunakan kredit untuk memulai operasi mereka.  Riwayat kredit yang sempurna memungkinkan startup menggunakan fasilitas kredit sebagai pendanaan.  Opsi ini membawa risiko paling besar, terutama jika startup tidak berhasil.  Perusahaan lain memilih pinjaman usaha kecil untuk membantu mendorong pertumbuhan.  Bank biasanya memiliki beberapa opsi khusus yang tersedia untuk bisnis kecil seperti pinjaman mikro dengan produk jangka pendek serta bunga rendah yang disesuaikan untuk perusahaan rintisan.  Sebuah rencana bisnis rinci sering diperlukan untuk memenuhi syarat.

Keuntungan dan Kerugian Startup

Ada berbagai keuntungan bekerja untuk startup.  Lebih banyak tanggung jawab dan kesempatan untuk belajar adalah salah satunya.  Karena startup memiliki lebih sedikit karyawan daripada perusahaan besar dan mapan, karyawan cenderung memakai banyak topi, bekerja dalam berbagai peran, yang mengarah pada lebih banyak tanggung jawab serta kesempatan untuk belajar.

Startup cenderung lebih santai, menjadikan tempat kerja lebih dari pengalaman komunal, dengan jam kerja yang fleksibel, peningkatan interaksi karyawan, dan fleksibilitas.  Startup cenderung juga memiliki manfaat tempat kerja yang lebih baik, seperti pembibitan untuk anak-anak, makanan gratis, dan minggu kerja yang lebih pendek.

Pekerjaan di perusahaan rintisan juga bisa lebih bermanfaat karena jika kita inovasi akan disambut dan manajer mengizinkan karyawan berbakat untuk menjalankan ide dengan sedikit pengawasan.

Salah satu kelemahan utama dari startup adalah peningkatan risiko.  Ini terutama berlaku untuk kesuksesan dan umur panjang sebuah startup.  Bisnis baru perlu membuktikan diri dan meningkatkan modal sebelum mereka dapat mulai menghasilkan keuntungan.  Membuat investor senang dengan kemajuan startup faktor yang sangat penting.  Risiko mematikan atau tidak memiliki cukup modal untuk melanjutkan operasi sebelum menghasilkan keuntungan selalu ada.

 Jam kerja yang panjang merupakan karakteristik dari startup karena semua orang bekerja untuk mencapai tujuan yang sama—untuk melihat startup berhasil.  Hal ini dapat menyebabkan momen stres tinggi dan terkadang kompensasi yang tidak sepadan dengan jam kerja.  Persaingan juga selalu tinggi karena cenderung ada segelintir startup yang mengerjakan ide yang sama.

Itulah penjelasan serta dari sebuah perusahaan startup. Bagi anda yang ingin bekerja di sebuah perusahaan startup, ada banyak keuntungan untuk anda. Kekurangannya? Semua pekerjaan tentu memiliki resiko yang belum anda ketahui jika belum terjun langsung kedalamnya.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id