Apa Itu Binary Options?

Sumber: Freepik

Yuk, kenalan sama binary options!

Kata badan keuangan pemerintah Inggris atau FCA, binary options itu adalah investasi spekulatif yang terjadi dalam waktu singkat, umumnya 30 detik – 5 menit. Makanya, nggak heran kalo binary options terkenal di Indonesia, khususnya anak-anak muda. Selain cepet, potensi keuntungannya tinggi banget, yaitu 60-90%. 

Gimana cara kerjanya?

Pada dasarnya, cara investasi ini adalah tentang “untung besar atau rugi sama sekali” karena prosesnya yang melibatkan prediksi harga indeks keuangan, seperti indeks saham, mata uang asing, dan komoditas lainnya dan penanaman uang dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan dari harga tersebut. Berikut adalah ilustrasinya.

Ada sebuah pertanyaan, apakah harga saham PT Maju Jaya akan berada di atas Rp375.000 per lot pada tanggal 10 Maret 2022 pukul 15.00 WIB? Jika investor memilih “Ya”, maka investor meyakini prediksi tersebut. Ia menaruh uang sebesar Rp3.750.000 dengan potensi keuntungan 60%. Pada waktu yang telah ditentukan, jika prediksinya tepat, maka investor itu akan mendapatkan keuntungan Rp2.250.000. Sebaliknya, jika prediksi tersebut meleset, investor akan kehilangan uang sebesar Rp3.750.000.

Risiko

Ada empat risiko yang menanti pelaku investasi ini, yaitu: Kerugian dalam jumlah yang sangat besar, kesulitan membuat keputusan secara logis, konflik kepentingan dengan penyedia binary options, dan penipuan.

Legalitas Binary Options di Indonesia

Binary options dinyatakan ilegal oleh Bappebti, badan pengawas perdagangan berjangka komoditi di bawah Kementerian Perdagangan RI. Penyebabnya, aktivitas yang terjadi melanggar UU No. 10 Tahun 2011 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi pasal 1 ayat 1 dan 2. Selain itu, para penyedia binary options juga terbukti menyalahi izin penjualan langsung atau SIUPL dengan menjual komoditas perdagangan berjangka.

Selama 2021, 1.222 website perdagangan berjangka komoditas, juga aplikasi dan platform-platform terkait di media sosial telah diblokir oleh Bappebti, seperti yang tercantum dalam daftar berikut:

Rilis Pers Bappebti – Kemendag Blokir 1.222 Situs Web Perdagangan Berjangka Komoditi Ilegal, halaman 3-37.

Tips Aman Berinvestasi

Dikutip dari SafetyNet Asia dan OJK, lakuin empat hal ini agar penanaman modalmu aman!

  1. Hindari berinvestasi di lembaga yang menjanjikan untung jauh lebih besar dari lembaga sejenis yang sudah ternama dan terpercaya. Pilihlah produk investasi dengan tingkat pengembalian yang lebih besar atau sama dengan tingkat inflasi.
  2. Jangan tanamkan uang dalam jumlah yang terlalu besar di satu instrumen.
  3. Pastikan lembaga investasi yang memberikan penawaran memiliki izin usaha dan terdaftar di OJK atau Bappebti.
  4. Pastikan identitas perusahaan terbukti benar. 

https://www.fca.org.uk/consumers/binary-options