Angel Investor vs Pemodal Ventura

Bagi sebagian pengusaha mungkin sudah mengenal istilah angel investor maupun pemodal ventura. Namun, masih banyak yang belum mengetahui perbedaan dari keduanya. Sebenarnya apa perbedaan dari angel investor dan pemodal ventura?

Apa itu Angel Investor?

Angel investor biasanya seorang individu yang menyediakan dana keuangan untuk startup pada tahap awal. Sebagai imbalan atas uang yang diinvestasikan di perusahaan Anda, seorang angel investor akan mengambil sebagian saham perusahaan Anda dibanding dengan pengembalian finansial.

Apa itu Pemodal Ventura?

Pemodal ventura berbeda dengan angel investor Biasanya pemodal ventura melibatkan investor profesional maupun sebuah perusahaan. Pemodal ventura biasanya berinvestasi di perusahaan rintisan setelah perusahaan menunjukkan rekam jejak keberhasilan di tingkat tertentu. Butuh waktu bagi pemodal ventura untuk melakukan penelitian dan uji tuntas mereka di perusahaan Anda.

Angel Investor vs Pemodal Ventura

  • Sementara angel investor akan berinvestasi di awal karena mereka percaya pada ide produk Anda atau percaya kepada Anda, sedangkan pemodal ventura membutuhkan bukti bahwa mereka dapat mempercayai Anda dan startup Anda.
  • Seorang angel investor akan berinvestasi secara independen atau perorangan, sedangkan pemodal ventura biasanya adalah kepemilikan perusahaan.
  • Angel investor utamanya menawarkan bantuan keuangan kepada perusahaan, sedangkan pemodal ventura akan mencari produk atau layanan yang kuat dan kompetitif, tim manajemen yang berbakat, dan potensi pasar yang luas sebelum berinvestasi kepada perusahaan.
  • Angel investor akan membantu keuangan bagi perusahaan pada tahap awal. Di sisi lain, seorang pemodal ventura akan berinvestasi di perusahaan rintisan yang menunjukkan janji yang menarik dan banyak potensi pertumbuhan.

Itulah beberapa perbedaan antara angel investor dan pemodal ventura. Mereka mungkin akan berinvestasi kepada perusahaan namun sebagai pemodal ventura, banyak hal yang harus mereka pertimbangkan sebelum berinvestasi sangat berbeda dengan angel investor.