Tuan Rumah World Water Forum 2024, Bagaimana Kondisi Akses Air Bersih di Indonesia?

Pembahasan World Water Forum 2024

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah World Water Forum 2024 pada tanggal 18 – 25 Mei 2024 di Bali. Sebagai daerah tujuan wisata paling terkenal di Indonesia, diselenggarakannya World Water Forum 2024 di Bali akan menjadi daya tarik yang besar.

Ada enam poin pembahasan yang diangkat dalam World Water Forum 2024. Poin-poin pembahasan tersebut secara garis besar meliputi ketahanan persediaan air, serta pengelolaan air dan sanitasi untuk keberlanjutan kehidupan di Bumi. Penasaran, apa saja topik-topik yang dibahas di World Water Forum 2024? Ikuti ulasan di bawah ini, yuk!

Kualitas & Ketahanan Air (Water Security & Prosperity)

Water security adalah tentang ‘keamanan’ kondisi air untuk digunakan dan dikonsumsi oleh manusia, serta ketahanan persediaan air yang dijamin suplainya oleh masyarakat dan lembaga yang berwenang dalam pengelolaan air. Ketahanan persediaan air perlu dijaga untuk memastikan bahwa produksi bahan pangan, misalnya, dan kegiatan usaha lainnya bisa terus berjalan lancar dengan suplai air yang memadai.

Air untuk Manusia dan Alam (Water for Humans & Nature)

Water for humans & nature adalah tentang hubungan timbal balik antara alam, manusia, dan air untuk saling menjaga keberlangsungan masing-masing. Air dibutuhkan untuk mempertahankan kehidupan dan menjaga kelestarian alam, sementara manusia dan alam turut berperan dalam menjaga kondisi air dan ketahanannya untuk menunjang kehidupan.

Pengurangan dan Pengelolaan Risiko Bencana (Disaster Risk Reduction & Management)

Dalam kaitannya dengan ketahanan dan pengelolaan air, pengurangan dan manajemen risiko bencana melibatkan strategi dan cara untuk meminimalkan kemungkinan dampak negatif bencana terhadap air, seperti kekeringan dan kurangnya suplai air bersih. Tidak hanya terkait suplai air bersih, tetapi juga mitigasi risiko bencana yang disebabkan oleh perairan, seperti banjir.

Kerja Sama Antar Lembaga dan Diplomasi Air (Governance Cooperation & Hydro-diplomacy)

Kerja sama antar lembaga dan diplomasi air adalah upaya kerja sama pemerintah antar negara, antara pemerintah dengan perusahaan, antara pemerintah dengan lembaga masyarakat, maupun antar lembaga yang sejenis untuk menjaga kualitas dan ketahanan air untuk keberlanjutan kehidupan di Bumi. Kerja sama ini juga menjamin kolaborasi dalam masyarakat dalam menjaga kualitas dan ketahanan air dengan sumber daya yang dimiliki.

Pembiayaan Keberlanjutan Air (Sustainable Water Finance)

Pembiayaan keberlanjutan air adalah penggalangan dan pengerahan dukungan biaya untuk mendukung proyek-proyek atau program pengelolaan dan pengembangan sumber daya air yang berkelanjutan, seperti melalui investasi berkelanjutan yang menyediakan peluang untung sekaligus upaya pemeliharaan kehidupan melalui pembangunan ketahanan dan peningkatan kualitas air.

Pengetahuan dan Inovasi (Knowledge and Innovation)

Terkait pengelolaan air, pengetahuan dan inovasi adalah tentang penciptaan, penerapan, dan penyebaran ide-ide baru untuk pengelolaan air dari hasil riset dan penelitian yang ilmiah. Untuk menjaga ketahanan dan meningkatkan kualitas air diperlukan solusi yang lebih terjangkau dan mudah digunakan untuk mengatasi masalah-masalah terkait air yang disebabkan oleh polusi dan perubahan iklim.

Bagaimana Kondisi Akses Air Bersih di Indonesia?

Masalah Akses Air Bersih di Indonesia

Tahukah Anda? Di Indonesia, baru 19,47% (hampir 20%) rumah tangga di Indonesia yang punya akses ke air bersih atau air pipa yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Malah, lebih gawatnya lagi, ada tiga pulau besar Indonesia yang berada dalam ancaman kekeringan air! Mengapa hal itu bisa terjadi?

Perbedaan Bentang Alam

Indonesia memiliki kondisi alam yang sangat beragam di sejumlah wilayah, misalnya ada wilayah yang dekat dengan laut dan ada yang bentang alamnya berupa pegunungan. Perbedaan bentuk bentang alam tentu akan menimbulkan perbedaan cuaca, terutama yang memengaruhi suplai air, seperti curah hujan dan frekuensi hujan.

Pertumbuhan Penduduk & Urbanisasi

Pertumbuhan penduduk di Indonesia termasuk cepat, dengan angka pertumbuhan yang terkonsentrasi di kota-kota besar. Pertumbuhan ini sebanding dengan angka kebutuhan air bersih yang tentunya akan terus meningkat dan dapat menyebabkan kesulitan suplai air bersih, terutama di wilayah dengan pembangunan yang masif dan memengaruhi suplai air.

Perubahan Iklim

El Nino dan La Nina, secara tidak langsung, dapat turut memengaruhi suplai air bersih di Indonesia. Bila El Nino dapat mengurangi curah hujan dan menimbulkan ancaman kekeringan, maka La Nina justru meningkatkan curah hujan dan menimbulkan ancaman bencana terkait air, seperti banjir, yang juga akan mencemari air dan mempersulit akses ke air bersih.

Solusi Akses Air Bersih di Indonesia

Inovasi Teknologi

Ada sejumlah solusi yang sudah ditawarkan oleh para ahli di Indonesia untuk mencegah kelangkaan akses air bersih, salah satunya adalah teknologi membrane yang dapat memisahkan air tawar dan air asin. Teknologi seperti ini akan sangat bermanfaat untuk masyarakat di dekat laut atau pesisir yang terpapar risiko kesulitan air bersih, misalnya karena penurunan tanah akibat pembangunan yang menyebabkan air tanah rawan tercampur air laut.

Proyek Konstruksi

Proyek konstruksi juga dapat berperan dalam penyediaan akses air bersih, misalnya dengan membangun infrastruktur yang dapat mengurangi pencemaran air seperti proyek pengolahan limbah pabrik dan sumur resapan yang diwajibkan saat mendirikan bangunan. Walaupun proyek-proyek tersebut tidak menyediakan air bersih secara langsung, mereka dapat berperan dalam penyediaan air tanah yang layak konsumsi dan mendukung penambahan suplai bersih dengan meresapkan air hujan ke dalam tanah.

Investasi Securities Crowdfunding Danamart

Investasi securities crowdfunding atau investasi urun dana Danamart adalah layanan investasi dengan skema patungan yang berpegang pada prinsip ESG, mendorong pertumbuhan keuangan sekaligus pelestarian sumber daya yang menunjang kehidupan seperti air. Dengan minimum investasi hanya 100 ribu rupiah dan tingkat keuntungan hingga 16% per tahun, siapapun bisa berperan dalam memelihara kualitas kehidupan! Yuk, kunjungi website Danamart atau hubungi tim Danamart untuk info lebih lanjut!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di https://danamart.id/!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Mengenal Platform Layanan Investasi Urun Dana
Mengenal Platform Layanan Investasi Urun Dana
Mengenal Jenis-Jenis dan Keuntungan Crowdfunding
Mengenal Jenis-Jenis dan Keuntungan Crowdfunding
Tips Investasi Pemula Minim Risiko dan Minim Modal
Tips Investasi Pemula Minim Risiko dan Minim Modal
Jenis-Jenis Investasi dari yang Aman sampai Berisiko
Jenis-Jenis Investasi dari yang Aman sampai Berisiko

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Mengenal Platform Layanan Investasi Urun Dana
Mengenal Jenis-Jenis dan Keuntungan Crowdfunding
Tips Investasi Pemula Minim Risiko dan Minim Modal
Jenis-Jenis Investasi dari yang Aman sampai Berisiko

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id