7 Game ini Bisa Mengasah Literasi Finansialmu!

Belajar bisnis tidak melulu dengan buku-buku dan di perpustakaan. Bahkan ada beberapa permainan yang bisa membuatmu belajar mengenai keuangan atau finansial. Tidak hanya kesenangan yang kita dapat namun juga pengetahuan mengenai keuangan atau finansial bertambah. Permainan apa sajakah itu?

1. Financial Football

Sumber: Practicalmoneyskills.

Financial Football bukan seperti game football biasa. Finansial Football memang didesain seperti permainan football di lapangan, namun untuk dapat memenangkan pertandingan, Kamu harus bisa menjawab pertanyaan seputar finansial dengan benar. Sebelum melakukan aksi, seperti menendang bola, mengumpan, ataupun menangkap bola, pemain akan diberikan beberapa pertanyaan. Namun jika pemain menjawab salah, bola akan direbut oleh lawan atau tembakan bola akan digagalkan oleh kiper lawan. 

Permainan Financial Football ini sebenarnya  merupakan sebuah game yang diciptakan oleh foundation untuk edukasi yang terinisiasi dengan NFL dan Asosiasi Pemain NFL. Dikutip dari Kompas.com sebenarnya game ini dirancang untuk merangsang minat belajar terhadap masalah finansial. Country Manager Visa Indonesia, Ellyana Fuad, Financial Football menjelaskan permainan ini merupakan salah satu cara mempelajari pengelolaan keuangan yang menyenangkan. Financial Football  bisa diakses melalui aplikasi iOS dan Android serta tersedia juga untuk online. Kamu bisa bermain Financial Football di sini.

2. Hit the Road

Sumber: Vecu.org

Permainan Hit the Road akan mengajarkan kita tentang pentingnya menabung dan membelanjakan uang dengan bijak. Permainan ini bercerita tentang murid-murid yang melakukan road trip lintas negara untuk belajar bagaimana mengatur keuangan secara bijak.

Sebagai salah satu murid, kamu akan menghadapi pilihan untuk mengelola uangmu seperti mencari uang tambahan, menyisihkan uang untuk membeli bensin, makanan, maupun untuk jalan-jalan.

Permainan ini sebenarnya merupakan bentuk sebuah promosi yang dikeluarkan oleh National Credit Union Administration (NCUA). NCUA menawarkan banyak alat literasi dan pendidikan keuangan gratis yang didedikasikan untuk membantu kaum muda, remaja dan remaja, dewasa muda, orang tua, dan banyak lagi untuk mengedukasi mengenai literasi keuangan. Kamu bisa memainkan permainannya di sini.

3. Build Your $tax

Sumber: Buildyourstax

Build Your $tax merupakan sebuah permainan investasi pendidikan yang dapat dimainkan secara online untuk sendiri atau kelompok. Pemain dalam game finansial ini akan bersaing untuk melihat siapa yang dapat membangun lebih banyak kekayaan dalam rentang waktu 20 tahun. Setiap enam bulan, pemain akan menerima $4.000 untuk diinvestasikan dengan cara apa pun yang pemain inginkan. 

Peluang investasi yang dapat pemain mainkan adalah berbentuk rekening tabungan, dana Indeks, Saham individu, Obligasi Pemerintah, Emas, Komoditas tanaman, dan sertifikat deposito. Setiap opsi investasi memiliki tingkat risiko yang berbeda untuk menghasilkan lebih banyak uang. Permainan ini sebenarnya sangat jelas menggambarkan bagaimana setiap opsi investasi bekerja serta menggambarkan keuntungan dan kerugiannya. Kamu bisa memainkan Build your stax secara online di sini.

4. Shadysam

Sumber: Shadysam.com

Permainan ini mengenai bagaimana kita bisa mendapat keuntungan dengan meminjamkan uang. Shady Sam merupakan sebuah simulasi bagaimana seorang pendana memutuskan pinjaman mana yang akan diberikan kepada peminjam untuk memaksimalkan keuntungan mereka.

5. Time for Payback

Sumber: Timeforpayback

Time For Payback akan berlatar belakang seorang siswa yang ingin melanjutkan pendidikan mereka di perguruan tinggi. Pemain dapat memilih beberapa perguruan tinggi yang disediakan kemudian mencoba melewati empat tahun tanpa gagal dalam kelas sambil tetap mengelola keuangan.

Permainan ini memberikan berbagai perspektif tidak hanya tentang berapa biaya pendidikan perguruan tinggi yang dikeluarkan. Namun juga buku, sewa, makanan, dan kehidupan sosialmu yang memiliki banyak tagihan. Kamu bisa belajar banyak untuk membuat keputusan dalam mengelola keuangan di permainan Time for payback ini.

6. The Payoff Game

Sumber: practicalmoneyskills.com

Dalam permainan The Payoff, kamu akan dapat memilih untuk memainkan peran Alex atau Jess. Dua blogger video yang sedang mempersiapkan kompetisi video dapat mengubah hidup sambil mengelola keuangan mereka dan menangani kejadian tak terduga.

Dalam permainan imersif yang dikembangkan oleh Visa, kamu harus membantu Alex dan Jess membuat keputusan keuangan yang cerdas dalam tenggat waktu tiga hari dan menyelesaikan video mereka untuk kompetisi tersebut. Kamu bisa memainkan The Payoff di sini.

7. Play Money Magic

Sumber: Playmoneymagic

Di Play Money Magic kamu akan menjadi seorang manager untuk membuat pengelolaan keuangan bagaimana kamu bisa membuat usaha pertunjukan sulapmu lebih menarik dan menghasilkan uang banyak. Sebagai Manager, kamu akan membeli beberapa benda untuk menunjang pertunjukan artismu, seperti sulap kartu, sulap kelinci, dan sebagainya dengan uang minimum yang kamu punya. Kamu bisa memainkannya di sini.

Nah itulah beberapa permainan yang bisa kamu mainkan untuk menambah literasi tentang keuangan. Ada yang sudah pernah mencobanya?


Tertarik ingin mengenal Danamart lebih dekat? Klik Di sini atau ikuti Instagram kami.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id