5 Sekolah Fashion Design yang Patut jadi Pertimbangan

Booth Danamart sebagai penyelenggara layanan investasi securities crowdfunding dalam "Rembuk Nasional" 2023, acara ekonomi kreatif yang dihelat oleh Gekrafs.
Securities Crowdfunding Danamart dalam Pameran Ekonomi Kreatif

Industri fashion termasuk dalam subsektor ekonomi kreatif yang turut membangun perekonomian Indonesia. Banyak sekolah mode memiliki andil untuk para kaum milenial yang memiliki minat atau bakat dalam sekolah fashion. Apalagi jika sudah mendengar desainer kondang seperti Ivan Gunawan, Dian Pelangi, Restu Anggraini hingga Oscar Lawalata, mereka juga lulusan sekolah fashion di Indonesia, loh! Sebenarnya sekolah fashion tidak melulu urusan membuat desain dan baju. Namun juga menawarkan program-program yang lebih luas seperti fashion business management, fashion styling, fashion marketing, fashion public relations, fashion journalist, maupun fashion photographer. Di indonesia sendiri cukup banyak sekolah fashion design yang dapat kamu pilih untuk mengembangkan bakatmu. Apa saja, ya?

Esmod Jakarta

ESMOD merupakan salah satu universitas fashion design yang ada di Jakarta. Umumnya untuk dapat bersekolah di ESMOD, hanya yang benar-benar memiliki passion di dunia Fashion yang bisa diterima sehingga para calon mahasiswa akan diberikan wawancara yang super ketat. Namun, nggak kaleng-kaleng, ESMOD ternyata telah melahirkan banyak lulusan fashion designer sukses dan terkenal di Indonesia contohnya Dian Pelangi, Ria Miranda, dan Asky Febrianti.

ESMOD Jakarta memiliki 6 spesialisasi di program sekolahnya, yaitu Womenswear, Menswear, Kidswear, Women’s Modern Couture, Women’s Luxury Design, dan Lingerie. Berkuliah di ESMOD akan diberikan pengajaran langsung oleh tiga dosen yang didatangkan dari Perancis. Selain itu para mahasiswa mendapat fasilitas yang mencakup perpustakaan dengan koleksi ribuan buku fashion, komputer, laboratorium fashion, laboratorium produk, hingga kafe.

ESMOD Jakarta Fashion Design & Business School menyediakan empat program, yaitu Fashion Design & Creation (FDC) selama 3 tahun, Fashion Design & Pattern Drafting selama 1 tahun (program intensif), International Fashion Business (IFB) selama 3 tahun, dan Short Course yang diselenggarakan setiap bulan. Tidak hanya itu, para mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menunjukkan diri di acara Fashion ternama yakni Jakarta Fashion Week.

Namun berapa biaya berkuliah di ESMOD Jakarta? Hingga tahun 2016, kuliah di ESMOD harus menyiapkan dana hingga hampir Rp90 juta per tahun. Tak heran apabila di tahun 2020 para calon pelajar dapat mengocek dana rata-rata Rp100 juta per tahun. 

 

(Suara.com/Risna Halidi)

 

Bunka School Of Fashion

Bunka School Of Fashion Jakarta sudah berdiri sejak tahun 1977 dan memiliki banyak sister school di banyak Negara seperti Inggris, Italia, Seoul dan masih banyak lagi.

Biaya untuk belajar fashin di sini rata-rata sekitar 30 juta rupiah untuk 8 bulan. Walaupun terlihat lebih terjangkau dari sekolah lainnya tapi lulusan sekolah ini tidak diragukan kualitasnya di dunia fashion. Seperti contohnya Tex Saverio.

 

(Instagram/lasalleindonesia)

 

Lasalle College

Lasalle College merupakan salah satu kampus favorit di bidang fashion. Kampus ini menyediakan tiga program studi yaitu, Business Fashion, Fashion Merchandising dan Fashion Designer. Jadi kalau kalian tidak handal dalam menggambar dan menyukai fashion, kalian dapat memilih jurusan seperti Bussines Fashion.

Jakarta Fashion Week kerap menjadi ajang ‘praktikum’ bagi mahasiswa maupun alumnus sekolah mode ternama di Jakarta ini. Tahun ini LaSalle Collage Jakarta jurusan Fashion Design dan Fashion Business mencoba mempromosikan brand lewat show bertajuk Induendum. Induendum merupakan Bahasa Latin yang berarti wear atau memakai. LaSalle Collage Jakarta memiliki lulusan desainer ternama yaitu Rafa Yasmin Imani, Tania Segamaocia, Novia Tjanggah, Vivi Laurie, Calista Antonia, Janur Respatiani dan Valerie Susilo Temawan.

 

Raffles Institute

Raffles Institute merupakan salah satu sekolah fashion terbaik di Indonesia yang sudah diakui oleh badan akreditasi perguruan tinggi di Asia Pasifik. Raffles Institute memiliki 33 kampus yang tersebar di 13 negara di Asia, sekolah ini juga menerima penghargaan EduTrust Certification selama empat tahun berturut-turut oleh The Council For Private Education dan ERF di Singapore.

Tempat ini menyediakan dua pilihan jurusan bagi mahasiswanya yaitu  Fashion Marketing dan Management & Fashion Design. Proses belajar di tempat ini berlangsung selama dua tahun. Sekolah ini memberikan fasilitas desain studio, perlengkapan yang canggih, perpustakaan hingga student lounge.

Program studi yang ditawarkannya pun cukup beragam, ada Fashion Design, Komunikasi Visual, Digital Media Design, Fashion Marketing & Management, dan Desain Interior. Oh ya, semua kelas yang tersedia di Raffles Institute ini menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya.

 

Binus Northumbria School of Design

Binus memiliki jurusan Fashion Design dan Fashion Management. Mahasiswa jurusan Fashion design dan fashion management akan setara dengan S1, karena di Binus Northumbria memiliki sertifikat ISO-9001. Binus yang bekerja sama dengan Northumbria juga memberikan mahasiswa mereka double degree, yaitu Sarjana Seni dan Bachelor of Art with Honours. 

 

Arva School Of Fashion

Arva School Of Fashion memiliki dua program studi yaitu, Pattern Making & Sewing dan Fashion Design. Para mahasiswa belajar dua program studi itu selama satu tahun. Sekolah ini juga menyediakan beberapa kursus dengan waktu belajar yang lebih pendek seperti Islamic Fashion Design, Easy Sewing, Fashion Illustration, Kebaya dan Bridal.

Itulah sekolah fashion unggulan yang melahirkan designer-designer hebat di Indonesia. Kalian dapat mendaftarkan diri kalian yang memiliki passion di bidang fashion dan memiliki minat untuk mendalami lebih tentang fashion.

Meskipun sekolah fashion di atas terbilang memiliki biaya pendidikan yang fantastis, namun kamu tak perlu khawatir karena kamu dapat mencicil biaya pendidikan selama hingga 18 bulan melalui Danastudi. Danastudi merupakan salah satu produk dari Danamart yang menyediakan solusi peminjaman dana pendidikan hingga jangka waktu 18 bulan lamanya dengan bunga rendah. Kamu bisa mencari tahu lebih lengkap mengenai Danastudi di sini.

Sukses di Fashion Bersama Danamart 

Securities crowdfunding Danamart mendukung investasi ekonomi kreatif dengan penerbitan obligasi HAKI yang akan segera hadir. Mau kumpulin modal untuk bikin butik? Kami juga siap membantu dengan investasi securities crowdfunding dengan imbal hasil sampai dengan 18% per tahun. Yuk, gabung dan mulai suksesmu di dunia fashion bersama Danamart!

Danamart adalah platform investasi online pertama di Indonesia dengan skema securities crowdfunding atau urun dana yang berfokus pada konsep ESG dan telah mendapatkan izin dari OJK. Kami berkomitmen penuh untuk mendukung gerakan global sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs). Melalui penawaran saham dan obligasi, kami memberikan dukungan modal usaha bagi UMKM dan startup. Bergabunglah sekarang untuk investasi yang aman, terpercaya dan berdampak positif di danamart.id!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Promo Spesial Gajian: Diskon 50% dari Danamart!
Dolar "menyatukan" ekonomi global
Dolar Naik, Ini Sejarah Dolar Jadi "Mata Uang" Global yang Kuat
bunga investasi
Investasi Kuat di Tengah Gejolak Ekonomi
mobil di depan bendera jepang
Keunggulan Ini Bikin Mobil Jepang Laris Manis di Indonesia

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Promo diskon biaya layanan 50% dari Danamart
Dolar "menyatukan" ekonomi global
bunga investasi
mobil di depan bendera jepang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id