5 Hal Penting Yang Harus Dilakukan Saat Anda Membuat Bisnis Startup

Membuat sebuah startup itu menantang, meskipun demikian, ada beberapa keputusan yang harus anda buat yang cerdas dan akhirnya dapat menjadi hebat dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut adalah lima hal terpenting yang menurut saya perlu anda lakukan saat memulai bisnis.

  • Fokus pada pendapatan

Pepatah lama ‘penjualan yang baik memperbaiki segalanya’ memiliki validitas.Memulai dan mengembangkan bisnis dimulai dengan penjualan.  Jika anda tidak dapat menjual untuk membayar tagihan, tidak ada hal lain yang penting.  anda dapat memiliki produk atau layanan terbaik yang pernah dibuat, tetapi jika tidak ada yang mengetahuinya, atau anda tidak dapat mengkomunikasikan dengan jelas mengapa seseorang harus membeli apa yang anda jual, maka jangan berharap bisnis anda bertahan lama.

Dan jika anda tidak dapat mengeksekusi dalam mendorong pendapatan, anda mungkin lebih baik tidak menginvestasikan waktu anda sejak awal. anda bahkan harus mempertimbangkan pra-penjualan produk atau solusi anda.  Artinya, sebelum anda mulai menawarkan solusi baru, anda harus melakukan percakapan untuk mengukur apakah orang tertarik dan mau membeli produk atau layanan anda.

  • Berinvestasi dalam infrastruktur

Membeli peralatan dan perangkat lunak untuk membantu anda menjalankan bisnis anda adalah penting, tetapi itu sesuatu yang banyak perusahaan rintisan lewatkan.

Tidak berinvestasi pada proses perangkat lunak yang anda butuhkan, ini akan sangat merugikan anda dalam jangka panjang. Menghabiskan uang untuk hal-hal seperti perangkat lunak akuntansi atau komputer yang lebih bagus bukanlah prioritas.

  • Jadilah pengambil keputusan yang tegas

Jangan takut untuk membuat keputusan, bahkan jika anda membuat kesalahan. Membuat beberapa kesalahan pasti akan terjadi, dan itu adalah bagian dari menjalankan bisnis. anda harus mengharapkan itu terjadi.

anda tidak dapat berharap untuk tumbuh jika anda tidak pernah belajar dari keputusan buruk anda. Memiliki bisnis bukanlah sesuatu yang anda temukan bagaimana melakukannya di kelas mana pun. Belajar mengevaluasi informasi dengan cepat dan membuat keputusan yang menentukan adalah salah satu keterampilan penting yang perlu anda kembangkan sebagai startup. Banyak keputusan bisnis dapat dibuat dari angka, fakta, dan peluang.  Analisis semua fakta, telusuri apa yang anda ketahui, buat keputusan, dan jalani.

Jika anda akhirnya mengetahui kemudian bahwa itu bukan keputusan yang tepat, itu belum berakhir. Hanya menyesuaikan dan bergerak maju. Jangan menyalahkan diri sendiri bahwa anda tidak membuat keputusan yang tepat.  Belajar dari itu, lalu teruskan. Terlalu banyak orang yang takut melakukan kesalahan. Jangan biarkan rasa takut akan kegagalan menghalangi anda untuk mengambil keputusan.

  • Putuskan keinginan pencapaian dalam sepuluh tahun ke depan

Jika anda tidak tahu keinginan atau target pencapaian startup anda dalam sepuluh tahun kedepan, percayalah anda tidak akan pernah mencapainya. Duduk dan susun beberapa tujuan terukur. Apakah anda ingin menghasilkan 5 juta dalam 10 tahun? Apa yang anda butuhkan untuk sampai ke sana dalam 5 tahun? Kemudian anda memecahnya menjadi rencana tiga tahun.  Kemudian anda memecahnya menjadi satu tahun. Kemudian anda memecahnya menjadi sasaran triwulanan untuk dipenuhi.

Kemudian evaluasi apakah yang anda coba lakukan realistis, atau apakah anda perlu mengubah ekspektasi, atau perubahan, atau strategi anda. Pastikan anda telah memikirkan ini dengan matang sehingga anda tidak menyiapkan diri untuk kegagalan sejak awal. Ini semua tentang menciptakan tujuan kecil yang akan membawa anda ke tujuan yang lebih besar.  Ini belajar. 

  • Bekerja dengan orang-orang yang menyukai apa yang anda lakukan

Orang-orang yang bekerja dengan anda dapat mengembangkan atau menghancurkan bisnis anda, terutama ketika anda baru memulai. Melewati kesibukan dan perjuangan sehari-hari sudah cukup menyedihkan. Memiliki orang-orang yang bekerja dengan anda yang menyeret anda ke bawah tidak membuatnya lebih baik, pada kenyataannya, itu membuatnya lebih buruk.

Memiliki lingkungan dan budaya perusahaan yang tepat dapat membuat bagian terburuk dari menjalankan bisnis menjadi menyenangkan.  Orang yang tepat di tempat yang tepat dapat membuat rintangan apapun menjadi mungkin, dan mengikat anda pada bisnis anda. Jangan meremehkan bagaimana orang lain dapat mempengaruhi bisnis anda.

Itulah lima hal penting yang harus anda ketahui untuk menjalankan bisnis startup anda agar bisa berkembang.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id