4 Strategi Hemat Uang Belanja Gas

-
Sumber: Kompas.com

Ada Apa Dengan Gas?

Per 10 Juli 2022, harga gas Elpiji non-subsidi, yaitu Elpiji 5,5 dan 12 kg resmi dinaikkan oleh PT Pertamina melalui PT Pertamina Patra Niaga. Kini, harga gas Elpiji lebih mahal 13 persen dari harga di tahun 2021 karena penyesuaian dengan kenaikan harga gas dunia yang dipengaruhi perang Rusia dan Ukraina. Kenaikan harga gas Elpiji ini tentu bikin banyak keluarga Indonesia ketar-ketir, apalagi, kebanyakan rumah tangga di Indonesia pake gas sebagai bahan bakar utama untuk masak dan keperluan lainnya. Secara keseluruhan, uang yang diperlukan untuk belanja juga pasti naik.

Saatnya Menghemat Penggunaan Gas!

Ada empat cara mudah yang bisa kamu lakuin biar gak terlalu sering beli gas.

Periksa tanda-tanda kebocoran gas dan segera tangani

Rajin-rajinlah melakukan pemeriksaan selang atau pipa gas, burner, dan regulator untuk mastiin bahwa gas kamu bebas dari kebocoran. Selain boros, kebocoran gas yang dibiarkan bisa membahayakan nyawa kamu dan keluarga kamu, lho.

Bersihkan tungku kompor setelah selesai memasak

Ternyata, tungku atau tatakan panci dan wajan di kompor yang kotor juga bisa jadi penyebab pemborosan gas. Tumpukan kotoran-kotoran yang nempel di kompormu akan bikin api yang keluar jadi gak berwarna biru dan itu artinya, waktu memasakmu jadi lebih lama. Lebih banyak, deh, gas yang kepake.

Gunakan alat masak sesuai porsi masakan

Semakin besar diameter atau luas dasar alat masakan, semakin lama panas bisa tersebar. Karena itu, kalo porsi masakanmu sedikit, sebaiknya gunakanlah alat masak yang berukuran sedang atau kecil. Sayang, kan, ngehabisin banyak gas cuma untuk seporsi makanan yang sedikit?

Pilih selang dan regulator gas sesuai standar

Untuk selang, pilihlah yang bisa menanggung tekanan sebesar 500 psi. Kalau regulator, pilih yang bisa mendeteksi kebocoran gas secara otomatis.

Nah, itu dia empat cara hemat uang belanja gas. Selalu cek kondisi gas, jaga kebersihan kompor, sesuaikan ukuran alat masak dengan porsi masakan, dan jangan pilih selang dan regulator gas yang gak sesuai standar. Selain membahayakan nyawa, bahaya juga untuk dompet!

Jangan lupa untuk rutin sisihkan penghasilan untuk tabungan, investasi, dan dana darurat dengan ilmu dari Danamart Academy dan tips dari Instagram @danamartid yang bisa dipelajari kapanpun dan di manapun!

Referensi

https://money.kompas.com/read/2022/07/10/201021026/daftar-harga-elpiji-12-kg-dan-55-kg-yang-naik-per-10-juli-2022?page=all

https://investasi.kontan.co.id/news/harga-gas-alam-terus-melesat-tinggi-ini-penyebabnya

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/22/mayoritas-rumah-tangga-indonesia-menggunakan-gas-elpiji-untuk-memasak

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/23/120200576/12-cara-mudah-menghemat-gas-elpiji-saat-memasak?page=all

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menghemat-gas-elpiji/

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id