3 Profil Risiko yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Berinvestasi

Mengetahui profil risiko kamu sebelum memulai investasi adalah hal yang sangat penting. Mengapa begitu? Setiap orang memiliki karakter berinvestasi yang beragam dan tidak bisa dipukul rata antara satu dan lainnya. Perbedaan tersebut berdasarkan kepada sejauh mana seseorang dapat menanggung sebuah risiko dan seberapa besar toleransi akan risiko tersebut saat menjalankan sebuah investasi di pasar modal. Berikut adalah 3 profil risiko yang harus kamu ketahui:

  1. Konservatif 

Ini merupakan seseorang yang pada saat berinvestasi tidak suka dengan adanya risiko atau merupakan profil dengan risiko paling rendah di antara yang lainnya dengan hasil investasi yang cenderung pasti seperti deposito. Investor pada profil ini tidak masalah jika imbal hasil yang didapat rendah, asalkan mereka tidak mendapatkan kerugian. 

  1. Moderat 

Investor jenis ini berada di tengah-tengah, mereka cenderung menggabungkan investasi yang beresiko rendah dan juga tinggi. Mereka memiliki keinginan untuk mengambil risiko namun tetap pada taraf yang hati-hati untuk mendapatkan keuntungan. 

  1. Agresif

Pada profil agresif investor cenderung menggunakan high risk high return. Mereka tidak takut akan risiko yang tinggi karena memiliki harapan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi pula. Investor pada profil ini berani untuk menaruh sejumlah dana mereka kepada investasi pada instrumen yang beresiko. 

Setelah membaca penjelasan di atas, kira-kira profil yang cocok untuk kamu yang mana? Jika sudah bisa menentukan, ke depannya investasi kamu akan lebih mudah karena kamu bisa mengelompokkan instrumen investasi sesuai dengan karakter dan juga kebutuhan pribadimu. 

Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kalian ya! Stay tune untuk informasi menarik lainnya. 

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id