3 Jenis Investasi Bagi Investor Yang Perlu Diketahui

Sebagai seorang investor, Anda memiliki banyak pilihan untuk menempatkan uang Anda.  Penting untuk memilih jenis investasi dengan hati-hati.

 Investasi umumnya dikelompokkan ke dalam tiga kategori utama: saham, obligasi, dan cash equivalent. 

Berikut adalah beberapa jenis investasi yang mungkin Anda pertimbangkan untuk pertumbuhan jangka panjang, dan apa yang harus Anda ketahui tentang masing-masingnya.  Catatan: Kami tidak akan membahas cash equivalent, hal-hal seperti pasar uang, sertifikat deposito, atau rekening tabungan. Karena jenis investasi tersebut kurang baik untuk Anda dan lebih baik dijaga agar tetap aman.

  • Saham

 Saham adalah investasi di perusahaan tertentu.  Saat Anda membeli saham, Anda membeli beberapa bagian maupun sebagian kecil dari pendapatan dan aset perusahaan itu.  Perusahaan menjual saham dalam bisnis mereka untuk mendapatkan uang tunai;  investor kemudian dapat membeli dan menjual saham tersebut.  Saham terkadang menghasilkan pengembalian yang tinggi tetapi juga memiliki risiko yang lebih besar daripada investasi lainnya karena perusahaan yang Anda beli sahamnya dapat kehilangan nilai ataupun gulung tikar. 

  • Obligasi

 Obligasi adalah pinjaman yang Anda berikan kepada perusahaan atau pemerintah.  Saat Anda membeli obligasi, Anda mengizinkan penerbit obligasi untuk meminjam uang Anda dan membayar Anda kembali dengan bunga.

 Obligasi umumnya dianggap kurang berisiko daripada saham, tetapi mereka juga dapat menawarkan pengembalian yang lebih rendah.  Risiko utama, seperti halnya pinjaman apa pun, adalah bahwa penerbit dapat gagal membayar uang Anda. Umumnya, semakin rendah risiko obligasi, semakin rendah tingkat bunganya.

  • Dana Indeks

 Dana indeks adalah jenis reksa dana yang dikelola untuk mendapatkan hasil investasi mirip dengan indeks yang dijadikan acuan, baik itu indeks obligasi maupun indeks saham.

Manfaat dana indeks adalah biayanya cenderung lebih murah dibanding yang lainnya. Risiko yang terkait dengan dana indeks akan tergantung pada investasi dalam dana tersebut. 

Itulah beberapa jenis investasi yang dapat Anda pelajari sebelum memulai investasi. Untuk informasi lainnya silahkan kunjungi website danamart.id

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id