Help

Ketentuan dan Mekanisme Layanan
Pengaduan Pengguna Danamart

Sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.18/POJK.07/2018 tentang Layanan Pengaduan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan, Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 77/POJK.01/2016 tentang layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.1/POJK/07/2013 tentang Perlindungan Konsumen di Sektor Jasa Keuangan, serta Undang Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Dalam menyelesaikan setiap pengaduan yang disampaikan oleh Pengguna, Danamart selalu berusaha untuk menerapkan prinsip transparansi, keberimbangan, serta kehati-hatian guna memberikan solusi terbaik dari setiap pengaduan yang telah disampaikan.

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mengajukan pengaduan kepada Danamart:

Kanal Pengaduan

  1. Telepon: 021 2555 6719
  2. Email: [email protected]
  3. WhatsApp: +62811-1183-278
  4. Mengirimkan surat tertulis ke Kantor Danamart Citylofts Sudirman Lt. 22 unit 2216 Jl. K.H. Mas Mansyur No.121 Tanah Abang, Jakarta Pusat 10250 Indonesia

Dokumen/data Pendukung

Tim Support Danamart akan meminta Pengguna untuk melengkapi dokumen pengaduan Pengguna melalui email untuk diverifikasi, berupa:

  1. Identitas Pengguna, seperti: nama lengkap, nomor telepon, alamat email.
  2. Surat kuasa khusus (Jika Pengguna menunjuk sebuah badan atau orang lain untuk melakukan pengaduan Pengguna).
  3. Jenis dan tanggal transaksi.
  4. Permasalahan yang diadukan serta buktinya.

Tingkat Layanan Penyelesaian

Tim Support dari Danamart yang menerima pengaduan Pengguna akan dan meneruskan kepada divisi yang bersangkutan, untuk kemudian ditindaklanjuti sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) berdasarkan jenis pengaduan yang disampaikan. Adapun maksimal jangka waktunya adalah sebagai berikut:

  1. Pengaduan secara lisan : 5 hari kerja.
  2. Pengaduan secara tertulis : 20 hari kerja.

Penyelesaian Pengaduan Pengguna

Pengaduan Pengguna Terselesaikan

Tim Support Danamart memberikan hasil penanganan aduan kepada Pengguna dan/atau Perwakilan Pengguna dengan ketentuan hasil penanganan aduan dapat disampaikan secara lisan dan/atau tertulis.

Hasil penanganan aduan yang disampaikan dapat berupa:

  1. Penjelasan permasalahan dalam hal tidak terdapat kesalahan Danamart yang menyebabkan adanya kerugian dan/atau potensi kerugian Pengguna; atau
  2. Penawaran penyelesaian, dalam hal terdapat kesalahan Danamart yang terbukti menyebabkan adanya kerugian dan/atau potensial kerugian Pengguna. Penawaran penyelesaian diantaranya adalah pernyataan maaf, perbaikan layanan dan produk yang disediakan, dan dapat disertai dengan penawaran ganti rugi apabila jika Aduan Pengguna terbukti benar dan menyebabkan kerugian material terhadap Pengguna.

Penyelesaian Pengaduan Pengguna

Sebaliknya, jika Pengguna tidak sepakat dengan hasil penyelesaian yang disampaikan, maka disarankan dapat menghubungi kembali atau mengirimkan surat resmi ke Danamart. Selain itu, Pengguna juga dapat menggunakan External Dispute Resolution (EDR) untuk menyelesaikan pengaduan, dengan pilihan: Fasilitasi/mediasi oleh Asosiasi AFPI (Asosiasi Pendanaan Bersama Indonesia, Regulator (OJK) atau Penyelesaian di luar pengadilan.

Penyampaian Pengaduan Konsumen ke OJK

Apabila ada keluhan/pengaduan Pengguna ke OJK maka dapat menyampaikan permintaan informasi atau pengaduan melalui sarana meliputi :

  1. Surat Tertulis pengaduan dapati ditujukan ke alamat:
    Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen
    Menara Radius Prawiro, Lantai 2 Komplek Perkantoran Bank Indonesia
    Jl. MH. Thamrin No. 2 Jakarta Pusat 10350
  2. Telepon Pengaduan dapat disampaikan melalui no telepon 157
  3. Email Pengaduan dapat disampaikan melalui email ditujukan ke alamat: [email protected]
  4. Form pengaduan online
    http://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

Perlu Bantuan? Hubungi (+62) 21-25556719
atau kirim email ke [email protected]
Hari Senin sampai Jumat 09:00-18:00 WIB

Akun facebook Danamart Akun instagram Danamart Youtube channel Danamart

Terdaftar & Diawasi oleh :

Terdaftar dan Diawasi oleh

Anggota Dari :

Terdaftar dan Diawasi oleh

Tersertifikasi ISO27001

Disclaimer Risiko :