Danamart








Danamart

Kebijakan Privasi

Gambaran Singkat

  1. Penyelenggara berkomitmen untuk melindungi dan menghormati privasi Pengguna.
  2. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk Pengguna, sehingga Pengguna dengan ini mengakui bahwa Pengguna telah membaca dan setuju dengan ketentuan-ketentuan Kebijakan Privasi ini.
  3. Platform adalah situs layanan milik Penyelenggara yang bergerak di bidang jasa layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi, dengan nama domain www.danamart.id atau yang sebagaimana diubah dari waktu ke waktu oleh Penyelenggara.
  4. Data Pribadi adalah data perseorangan yang disimpan, dirawat, dan dijaga kebenaran serta dilindungi kerahasiannya yang dibutuhkan oleh Penyelenggara untuk dikumpulkan dan dikelola dalam layanan pinjam-meminjam uang di Platform.
  5. Kebijakan Privasi dirancang untuk membantu Pengguna mengerti bagaimana Penyelenggara mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan dan/atau mengolah Data Pribadi yang Pengguna telah berikan kepada Penyelenggara, serta membantu Pengguna dalam mengambil keputusan yang diberitahukan sebelum memberikan Data Pribadi Pengguna kepada Penyelenggara.
  6. Bacalah hal-hal berikut ini dengan teliti untuk memahami cara beroperasi Penyelenggara sehubungan dengan Data Pribadi milik Pengguna.

Informasi Yang Penyelenggara Kumpulkan Tentang Pengguna

Dari waktu ke waktu, Penyelenggara dapat mengumpulkan informasi tentang Pengguna dalam rangka untuk membantu Penyelenggara dalam meningkatkan kualitas Platform, Penyelenggara dapat mengumpulkan:

  1. Data tentang Pengguna termasuk informasi dan data yang diberikan oleh Pengguna atau oleh siapapun yang memperoleh izin dari Pengguna dan dari pihak ketiga lainnya yang diizinkan oleh Pengguna dan sumber-sumber yang tersedia untuk publik termasuk lembaga pemerintahan atau biro/lembaga pemeringkat kredit.
  2. Informasi dan data Pengguna tentang para anggota keluarga, kerabat, teman, penerima manfaat, kuasa hukum, pemegang saham, pemilik manfaat, kuasa, wali amanat, penjamin, penyedia jaminan lainnya dan/atau indvidu-individu lain.
  3. Data Pribadi yang dapat mengidentifikasi Pengguna atau pihak-pihak lain yang memiliki relevansi dengan Pengguna, termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, tempat dan tanggal lahir, KTP, paspor, alamat, alamat email, nomor telepon/ telepon seluler, rincian kontak, informasi keuangan dan kartu kredit, deskripsi dan foto pribadi, pola dan perilaku transaksi, latar belakang keuangan, rekening bank yang aktif, sejarah pendanaan, dan/atau latar belakang pendidikan dan data kependudukan (“Informasi Pengguna”).
  4. Perincian catatan pengunduhan untuk membantu menemukan permasalahan Pengguna berdasarkan masukan (feedback) Pengguna, seperti pengunduhan yang lambat atau kegagalan dalam pengunduhan.
  5. Informasi tentang perangkat seluler Pengguna untuk membantu Penyelenggara agar Platform dapat beradaptasi dengan lebih baik untuk perangkat seluler yang berbeda, yang meliputi model perangkat seluler, resolusi dan tempat penyimpanan memori.
  6. Informasi terkait dengan Platform dan/atau aplikasi lain yang digunakan oleh Pengguna untuk merekomendasikan konten Platform yang dipersonalisasi untuk Pengguna.
  7. Informasi dan data dari cookies atau teknologi lainnya yang digunakan pada Platform.

Bagaimana Penyelenggara Menggunakan Informasi Pengguna

Penyelenggara menggunakan Informasi Pengguna untuk tujuan berikut ini:

  1. Untuk memberikan layanan dalam Platform kepada Pengguna.
  2. Untuk memahami bagaimana Pengguna menggunakan Platform (termasuk fitur yang paling sering digunakan), untuk meningkatkan layanan dan kinerja Penyelenggara.
  3. Jika Pengguna menghendaki opt in, untuk mengirimkan pemberitahuan seketika (push notifications).
  4. Untuk memenuhi persyaratan-persyaratan hukum, regulasi dan kepatuhan di dalam dan luar negeri yang berlaku pada Penyelenggara (termasuk anti pencucian uang dan kewajiban pajak yang berlaku pada Penyelenggara dan pengungkapan pada setiap bursa efek, pengadilan, otoritas pemerintah, otoritas pengawas atau regulator lain apapun sesuai pedoman, peraturan, perintah, petunjuk atau permintaan yang relevan dari organisasi-organisasi tersebut) dan mematuhi setiap perjanjian internasional atau perjanjian yang berlaku dengan atau antara pemerintah asing dan dalam negeri yang berlaku pada Penyelenggara.
  5. Untuk memeriksa identitas dan/atau kewenangan dari para kuasa Pengguna yang menghubungi Penyelenggara atau dihubungi oleh Peyelenggara, dan untuk melaksanakan atau menanggapi permintaan, pertanyaan atau instruksi dari kuasa Pengguna yang telah diperiksa atau para pihak lain sesuai dengan prosedur pengamanan Penyelenggara.
  6. Untuk melakukan penilain risiko, analisis dan perencanaan statistik dan tren, termasuk melaksanakan pengolahan data, analisis statistik, kredit, risiko dan anti pencucian uang, membuat dan mengelola model penilain kredit, melakukan pemeriksaan dan peninjauan kredit dan latar belakang lain, dan menyimpan sejarah kredit Pengguna dan kuasa Pengguna yang sah untuk referensi saat ini dan di masa mendatang.
  7. Untuk mendeteksi, mencegah, melakukan penyidikan dan mendakwa kejahatan dan penipuan termasuk membantu dalam setiap penyidikan kejahatan oleh otoritas yang relevan terhadap Pengguna, individu yang relevan atau orang lain.
  8. Untuk melaksanakan atau membela hak-hak Penyelenggara, yang berasal dari kontrak atau lainnya.
  9. Untuk memasarkan produk atau Platform atau yang terkait dengan pinjaman melalui berbagai model komunikasi termasuk surat, telepon, SMS, fax, email, internet, riset pasar, dan merancang atau menyaring produk atau Platform yang serupa termasuk dengan melakukan riset pasar, analisis data, dan survei.
  10. Untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan atau mengolah Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan layanan pinjam-meminjam uang dalam Platform.

Berbagi Informasi Pengguna

Penyelenggara dapat berbagi Informasi Pengguna, termasuk informasi yang Penyelenggara kumpulkan langsung dari Pengguna, informasi yang Penyelenggara kumpulkan tentang Pengguna dari pihak ketiga, dan informasi yang Penyelenggara kumpulkan secara otomatis, untuk tujuan berikut dan dengan orang/badan berikut:

  1. Penyedia Layanan: seperti entitas yang membantu Penyelenggara dengan konsultasi, pemasaran, teknologi informasi, analisis penggunaan Platform, dan jasa-jasa lainnya yang Penyelenggara gunakan dalam operasi Penyelenggara.
  2. Untuk Bank mitra usaha Penyelenggara: Penyelenggara dapat berbagi informasi Pengguna dengan Bank mitra usaha Penyelenggara guna untuk mendukung kegiatan dari Penyelenggara dan membantu melakukan prinsip Know Your Customer oleh Bank mitra usaha Penyelenggara.
  3. Untuk penegakan hukum, perwakilan pemerintah atau pihak lain dimana diperlukan oleh hukum.
  4. Ketika Penyelenggara meyakini bahwa hal tersebut diperlukan untuk melindungi hak, properti, keamanan Penyelenggara atau untuk mematuhi prosedur hukum, perintah pengadilan, atau proses hukum, atau sebagai bukti di dalam litigasi dimana Penyelenggara terlibat.
  5. Penyelenggara juga dapat memberikan informasi tentang jumlah pengguna Penyelenggara dengan pihak ketiga, termasuk untuk berbagai tujuan pemasaran.
  6. Untuk melindungi hak-hak dan kepentingan-kepentingan sah dari Penyelenggara, seperti untuk mencari, mencegah dan/atau mengatasi penipuan atau permasalahan yang berhubungan dengan keamanan.
  7. Para mitra usaha, pemasok dan sub-kontraktor untuk pelaksanaan setiap kontrak yang Penyelenggara adakan dengan mereka atau dengan Pengguna.
  8. Para pengiklan dan jaringan-jaringan iklan yang memerlukan data tentang jumlah para pengguna layanan di Platform.
  9. Penyedia analisis dan mesin pencari yang membantu Penyelenggara dalam peningkatan dan optimalisasi layanan Penyelenggara dalam Platform.
  10. Calon penjual atau pembeli bisnis atau aset apabila Penyelenggara menjual atau membeli aset apapun, dalam hal ini Penyelenggara dapat mengalihkan Data Pribadi Pengguna kepada pembeli atau penjual tersebut sebagai bagian dari transaksi.
  11. Lembaga keuangan, agen, atau pihak lain yang terlibat dalam transaksi pengiriman uang atau kegiatan perbankan/keuangan apapun.
  12. Penyelenggara menginformasikan bahwa data pribadi Pengguna dapat dikirim (ditransfer) ke lokasi yang berada di luar wilayah di mana Pengguna mengakses layanan Platform atau diberitahukan kepada perusahaan terkait, pemegang lisensi, dan/atau Bank mitra usaha untuk tujuan yang dijelaskan di atas.

Keamanan

  1. Penyelenggara berusaha untuk setiap saat memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna akan dilindungi terhadap akses yang tidak sah atau tidak disengaja, pengolahan, perbaikan (koreksi) atau penghapusan. Penyelenggara menerapkan langkah-langkah keamanan yang patut (tepat) untuk menjaga dan mengamankan data pribadi Pengguna. Penyelenggara mendorong Pengguna untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi Data Pribadi Pengguna.
  2. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga privasi dan kerahasiaan Informasi. Mohon untuk membuat diri Pengguna terinformasi ketika mengakses internet dan untuk selalu membaca dan mengkaji pernyataan kebijakan/privasi di situs yang Pengguna akses. Mohon pastikan bahwa Pengguna melakukan hal-hal berikut ini: (i) untuk tidak mengungkapkan kata sandi Pengguna, (ii) untuk tidak memberikan informasi pribadi apapun kepada siapapun, termasuk nama Pengguna, (iii) untuk tidak akan mengisi formulir online tanpa izin sebelumnya dari Pengguna. Mohon untuk menggunakan kata sandi yang kompleks dengan kombinasi yang cukup panjang yang berisi huruf dan angka yang membutuhkan kombinasi yang tidak biasa pada papan ketik (keyboard); karena kata sandi sederhana mudah dipecahkan. Mohon untuk tidak memberikan kata sandi Pengguna kepada siapapun secara daring (online). Dalam hal apapun, mohon untuk mengubah kata sandi Pengguna secara periodik.

Hak Kekayaan Intelektual

Semua teks, data, gambar, grafik, audio dan/atau informasi video dan bahan-bahan lain dalam Platform adalah milik Penyelenggara dan telah dilindungi oleh hak cipta, merek dagang dan/atau peraturan lainnya tentang hak kekayaan intelektual. Tidak ada dalam kebijakan ini yang dapat ditafsirkan sebagai pemberian lisensi dari setiap hak kekayaan intelektual atau atas hal serupa dari Penyelenggara kepada Pengguna. Pengguna dilarang menyalin, menampilkan, mengunduh, memodifikasi, mereproduksi, atau membuat karya turunan dari komponen Platform, baik yang secara langsung atau tidak langsung diterbitkan, dilakukan, ditulis ulang atau diterbitkan ulang, atau digunakan dengan cara lain untuk tujuan komersial tanpa persetujuan tertulis dari Penyelenggara.

Persetujuan Pengguna

  1. Ketika Pengguna mengirimkan Informasi Pengguna, hal itu akan dianggap sebagai persetujuan Pengguna untuk pengumpulan, penyimpanan, penggunaan dan/atau pengungkapan informasi oleh Penyelenggara. Penyelenggara dapat menggunakan informasi tersebut untuk meningkatkan layanan Penyelenggara dalam Platform.
  2. Pengguna setuju bahwa Pengguna telah memperoleh persetujuan dari semua orang perseorangan yang Data Pribadi-nya dimasukkan dalam Platform sehingga setiap infromasi atau Data Pribadi tersebut dapat diolah, disimpan, dialihkan atau diungkapkan dalam dan kepada negara manapun sebagaimana yang dianggap perlu oleh Penyelenggara sesuai dengan hukum yang berlaku. Data Pribadi tersebut juga dapat diolah, disimpan, dialihkan atau diungkapkan sesuai dengan hukum dan praktik, aturan dan peraturan setempat (termasuk setiap permintaan berdasarkan peraturan, tindakan dan perintah pemerintah) di negara/yurisdiksi tersebut.
  3. Pengguna setuju bahwa Penyelenggara dapat mengubah dan memodifikasi ketentuan-ketentuan dari Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu dan akses/penggunaan atau kelanjutan akses/penggunaan Pengguna atas Platform setelah perubahan tersebut juga harus dianggap sebagai penerimaan dan persetujuan Pengguna pada perubahan-perubahan tersebut.
  4. Pengguna setuju bahwa apabila Pengguna tidak memberikan informasi atau Informasi Pengguna atau menarik persetujuan sehubungan dengan pengumpulan, penggunaan dan/atau pengungkapan informasi atau data yang relevan sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi, Penyelenggara berpeluang untuk tidak dapat: (i) membuka atau melanjutkan akun Pengguna; (ii) membuat atau memberikan atau melanjutkan setiap layanan yang ada dalam Platform; dan/atau (iii) terus mengizinkan Pengguna menggunakan atau mengakses layanan dalam Platform. Penyelenggara akan memberitahu Pengguna tentang konsekuensi dari penarikan persetujuan tersebut seandainya Pengguna memberitahukan kepada Penyelenggara tentang keinginan Pengguna untuk menarik persetujuan Pengguna.

Bahasa

Kebijakan Privasi ini dibuat dalam Bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan dalam hal terjadi ketidaksesuaian antara versi Bahasa Inggris dan versi bahasa Indonesia, maka versi Bahasa Indonesia yang berlaku dan diutamakan.

Pertanyaan dan Saran

Jika Pengguna mempunyai pertanyaan atau saran, silahkan hubungi customer care kami di halo@danamart.id atau menghubungi kami di (+62) 21 2358 4689 atau dengan mudah mengisi form pesan kami di halaman “Hubungi Kami”

Jam Operasional.

Kami akan memproses pengajuan pinjaman pada hari dan waktu operasional kantor Danamart yaitu Senin-Jumat jam 08.30 – 17.30 WIB.