FAQ

Apa itu Danamart?

Danamart merupakan perusahaan yang menyediakan layanan urun dana berbasis teknologi dengan mengedepankan kemudahan melalui layanan penawaran saham dan utang untuk dijadikan modal usaha bagi perusahaan yang sudah lama berdiri maupun bagi perusahaan yang baru saja merintis. Syarat perusahaan agar dapat melakukan hal tersebut adalah harus memiliki perhatian dan kepedulian terhadap lingkungan. Hal ini dilakukan sebagai salah satu bentuk dukungan Danamart untuk membantu program pelestarian alam dengan tidak hanya memperhatikan keuntungan tetapi juga dari segi sosial dan lingkungan untuk masa depan yang lebih baik.

Apa itu layanan urun dana berbasis teknologi informasi?

Biasa disebut securities crowdfunding, layanan tersebut menghubungkan Pemodal dan Penerbit. Penerbit dapat mengajukan pembiayaan untuk bisnisnya dengan cara menerbitkan obligasi atau saham dan Pemodal dapat membeli surat berharga tersebut secara aman dan mudah melalui jaringan internet.

Bagaimana cara kerja Danamart?

Danamart mempertemukan Penerbit dan Pemodal dalam sebuah platform, dimana Penerbit bisa mengajukan pembiayaan dengan cara melakukan penerbitan efek, baik itu bersifat hutang ataupun bersifat ekuitas melalui platform Danamart. Melalui platform Danamart tersebut, Pemodal dapat melihat prospek bisnis Penerbit untuk dapat didanai dengan cara melakukan pembelian efek.

Apa saja manfaat layanan peminjaman dana berbasis teknologi keuangan untuk calon Penerbit?

1. Pengajuan mudah dan sistematis secara online
2. Biaya terjangkau
3. Jangka waktu pembiayaan yang panjang
4. Tanpa jaminan

Apa saja manfaat layanan peminjaman dana berbasis teknologi keuangan untuk Pemodal?

1. Pendaftaran online
2. Penerbit/UMKM yang berkualitas
3. Volatitlitas rendah
4. Diversifikasi
5. Imbal hasil bervariasi

Siapa saja yang bisa yang bisa mengajukan pembiayaan?

1. UMKM berbadan usaha PT/CV
2. Yayasan pendidikan

Apakah informasi dan data pribadi Penerbit serta Pemodal aman?

Setiap informasi di Danamart sangat aman. Kami tidak akan membuka informasi serta data pribadi ke pihak ketiga tanpa izin Pemodal dan Penerbit. Danamart juga tak akan menghubungi Anda untuk meminta data pribadi apapun selain untuk keperluan verifikasi.

Apakah Danamart menyediakan pinjaman dana?

Tidak. Pemodal yang telah terpilih oleh Danamart menyediakan dana untuk Penerbit.

Apakah Danamart merekomendasikan pendanaan untuk pinjaman-pinjaman tertentu?

Tidak. Danamart tidak berhak memberikan saran keuangan. Kami mengkonfirmasi dan menyetujui setiap informasi pendanaan, tapi kami tidak memberikan rekomendasi. Setiap pengajuan pinjaman yang kami terima telah melalui proses seleksi standar sejak awal.

Siapa yang Dimaksud Dengan Penerbit?

Penerbit adalah badan usaha Indonesia baik yang berbentuk badan hukum maupun badan usaha yang menerbitkan Efek melalui Layanan Urun Dana. Penerbit dapat berupa UMKM yang berbadan hukum PT/CV yang membutuhkan pembiayaan.

Siapa yang bisa menjadi Penerbit?

1. UMKM berbadan hukum PT/CV/Koperasi
2. Yayasan Pendidikan

Bagaimana cara menjadi Penerbit?

1. Mendaftarkan dan melakukan verifikasi data, identitas serta legalitas.
2. Mengajukan pembiayaan, pilih jenis pembiayaan, jumlah dana dan jangka waktu.
3. Mengunduh dan melengkapi semua persyaratan dokumen
4. Pemberitahuan penawaran skema pembiayaan
5. Penerbit menyerahkan efek terlebih dahulu, kemudian melakukan pendaftaran penerbitan efek ke KSEI
6. Dana pinjaman akan diterima di virtual account penerbit

Penerbit efek dibagi menjadi dua

Pemberian Pinjaman Usaha

a. Penerbit bukan badan usaha yang dikendalikan baik langsung maupun tidak langsung oleh suatu kelompok usaha atau konglomerasi.
b. Merupakan perusahaan terbuka atau anak perusahaan terbuka.
c. Merupakan badan usaha yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 10.000.000,00 (sepuluh miliyar rupiah).
a. Penerbit Pemberian Pinjaman Usaha dilarang melakukan penghimpunan dana baru sebelum Penerbit memenuhi seluruh kewajiban kepada Pemodal, kecuali penawaran Pemberian Pinjaman Usaha atau Sukuk dilakukan secara bertahap.
b. Penerbit dilarang mengubah jumlah minimum dana dalam masa penawaran Efek.
a. Penerbit Pemberian Pinjaman Usaha wajib memenuhi seluruh kewajiban kepada Pemodal setelah melakukan penghimpunan dana melalui Danamart.
b. Penerbit wajib membuat Laporan triwulan secara berkala (bulan Maret,Juni, September, Desember), yang minimal berisi:
  • Sesuai Realisasi penggunaan dana.
  • Perkembangan Proyek termasuk hambatannya, jika terdapat hambatan.
c. Laporan pada butir 2.4 b maksimal diserahkan pada Danamart 5 (lima) hari kerja pada bulan berikutnya dan akan dimuat pada web Danamart maksimal 2 (dua) hari kerja.
d. Laporan pada butir 2.4 b pertama kali jika jangka waktu antara tanggal distribusi Pemberian Pinjaman Usaha dengan tiap akhir bulan pelaporan berkala paling sedikit 15 (lima belas) hari.
e. Kewajiban penyampaian laporan oleh Penerbit berlaku hingga Pemberian Pinjaman Usaha jatuh tempo dan/atau Penerbit telah memenuhi seluruh kewajibannya kepada Pemodal.
f. Penerbit juga harus menyampaikan laporan insidentil jika terdapat kejadian atau informasi material yang dapat mempengaruhi kelangsungan usaha Penerbit atau kesanggupan Penerbit dalam melakukan pengembalian dana.
g. Laporan insidentil harus disampaikan kepada Danamart serta diumumkan kepada masyarakat melalui situs web Danamart paling lambat 2 (dua) hari kerja setelah adanya informasi atau kejadian penting.
  • Rekening Koran selama 6 bulan terakhir.
  • Laporan Keuangan selama 3 tahun terakhir.
  • NIB (Nomor Induk Berusaha).
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), jika NIB tidak ada.
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan), jika NIB tidak ada.
  • NPWP Perusahaan.
  • KTP seluruh Direktur.
  • KTP Pasangan Direktur Utama.
  • NPWP seluruh Direktur.
  • KTP seluruh Komisaris.
  • NPWP seluruh Komisaris.
  • Buku nikah Direktur Utama.
  • Surat persetujuan meminjam dari Komisaris.
  • Surat pernyataan tidak terafiliasi.
  • Surat kuasa Pengecekan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).
  • Akta pendirian beserta perubahan-perubahannya.
  • SK Menkumham tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar.
  • Laporan penerimaan perubahan data perseroan tentang perubahan pengurus perseroan dari Kemenkumham.
  • Keterangan bentuk badan usaha & nama badan usaha (jika penerbit berbentuk badan usaha lainnya).
  • Daftar riwayat hidup Pemegang Saham, Direksi & Dewan Komisaris.
  • Rencana bisnis Proyek dan proyeksi pendapatan.
  • Laporan keuangan yang paling rendah disusun laporan keuangan yang paling rendah disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah dengan jangka waktu maksimal 6 (enam) bulan dengan tanggal dimulainya masa penawaran efek.
  • Surat pernyataan kesanggupan untuk melakukan perjanjian KSEI sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian dalam rangka pendaftaran Efek dalam penitipan kolektif.
  • Risiko utama yang dihadapi penerbit.
  • Informasi menegenai tidak likuidnya efek yang ditawarkan.
  • Informasi terkait susunan permodalan sebelum dan sesudah penghimpunan dana.
  • Informasi terkait jumlah efek yang ditawarkan.
  • Jumlah dana yang akan dihimpun dalam penawaran Efek dan tujuan penggunaan dana hasil penawaran Efek melalui Danamart.
  • Jumlah minimum dana yang harus diperoleh dalam penawaran Efek melalui Danamart.
  • Informasi material lainnya yang perlu disampaikan kepada calon Pemodal (jika ada).
  • Persetujuan penawaran Pemberian Pinjaman Usaha, jika dipersyaratkan.
  • Kondisi yang dapat menyebabkan keadaan lalai, termasuk cara penyelesaiannya.
  • Alasan dan tata cara diselenggarakannya rapat umum pemegang Pemberian Pinjaman Usaha.
  • Uraian mengenai Proyek yang menjadi dasar penerbitan Pemberian Pinjaman Usaha, paling sedikit mengenai jenis, perizinan, dasar pengerjaan atau bukti kepemilikan Proyek, dan jangka waktu Proyek.
  • Peringkat Pemberian Pinjaman Usaha, jika Pemberian Pinjaman Usaha diperingkat.
  • Harga, suku bunga, besaran nisbah bagi hasil, margin, imbal jasa atau imbal hasil dengan cara lain yang ditetapkan.
  • Surat pernyataan bahwa Penerbit tidak mempunyai kewajiban pada Penyelenggara lain.

Pembelian Kepemilikan Usaha

a. Penerbit bukan badan usaha yang dikendalikan baik langsung maupun tidak langsung oleh suatu kelompok usaha atau konglomerasi.
b. Merupakan perusahaan terbuka atau anak perusahaan terbuka.
c. Merupakan badan usaha yang memiliki kekayaan bersih lebih dari Rp 10.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah).
a. Penerbit hanya diperbolehkan melalui Danamart sebagai Layanan Urun Dana (tidak boleh terdaftar di Layanan Urun Dana Lainnya).
b. Penerbit dilarang mengubah jumlah minimum dana dalam masa penawaran Efek.
c. Penerbit tidak diperbolehkan untuk menawarkan Pembelian Kepemilikan Usaha berupa saham pada Penyelenggara Layanan Urun Dana lain.
a. Penerbit wajib membuat Laporan Tahunan, minimal berisi:
  • Sesuai UU mengenai PT.
  • Realisasi penggunaan dana.
b. Penerbit wajib menyampaikan Laporan Tahunan pada Danamart paling lambat 6 (enam) bulan setelah tahun buku Penerbit berakhir dan akan diupload pada web Danamart maksimal 1 (satu) hari setelah menerima Laporan Tahunan.
c. Laporan pada butir2.4 a pertama kali disampaikan jika jangka waktu antara tanggal distribusi Pembelian Kepemilikan Usaha berupa saham dengan tutup tahun buku Penerbit pada tahun berjalan paling sedikit 3 (tiga) bulan.
d. Informasi mengenai realisasi penggunaan dana wajib disampaikan dan diumumkan hingga dana hasil penawaran Pembelian Kepemilikan Usaha berupa saham melalui Danamart telah habis digunakan.
e. Penerbit wajib mencatatkan kepemilikan saham Pemodal dalam daftar pemegang saham.
  1. Penerbit yang melakukan penawaran Pembelian Kepemilikan Usaha berupa saham dapat meminta kepada Danamart untuk dibebaskan dari kewajiban penyampaian laporan tahunan, jika:
    1. Penerbit telah menyampaikan paling sedikit 3 (tiga) laporan tahunan setelah penawaran Pembelian Kepemilikan Usaha berupa saham melalui Danamart.
    2. Jumlah pemegang saham kurang dari 50 (lima puluh) pihak.
    3. Seluruh Pembelian Kepemilikan Usaha berupa saham dibeli kembali oleh Penerbit atau dibeli oleh pihak lain.
  2. Jika laporan kepemilikan efek yang akan dilaporkan oleh Bank Kustodian sesuai butir 2.8 g jatuh pada hari libur, laporan kepemilikan Efek wajib disampaikan paling lambat pada 1 (satu) hari kerja berikutnya.
  • Formulir Pendaftaran Penerbit Pembelian Kepemilikan Usaha di Danamart
  • Rekening Koran selama 6 bulan terakhir
  • Laporan Keuangan selama 3 tahun terakhir
  • NIB (Nomor Induk Berusaha)
  • SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan), jika NIB tidak ada
  • TDP (Tanda Daftar Perusahaan), jika NIB tidak ada
  • NPWP Perusahaan
  • KTP seluruh Direktur
  • KTP Pasangan Direktur Utama
  • NPWP seluruh Direktur
  • KTP seluruh Komisaris
  • NPWP seluruh Komisaris
  • Buku nikah Direktur Utama
  • Surat persetujuan meminjam dari Komisaris
  • Surat pernyataan tidak terafiliasi
  • Surat kuasa Pengecekan SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan)
  • Akta pendirian beserta perubahan-perubahannya
  • SK Menkumham tentang Persetujuan Perubahan Anggaran Dasar
  • Laporan penerimaan perubahan data perseroan tentang perubahan pengurus perseroan dari Kemenkumham
  • Keterangan bentuk badan usaha & nama badan usaha (jika penerbit berbentuk badan usaha lainnya)
  • Daftar riwayat hidup Pemegang Saham, Direksi & Dewan Komisaris
  • Rencana bisnis Proyek dan proyeksi pendapatan
  • Laporan keuangan yang paling rendah disusun laporan keuangan yang paling rendah disusun berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro kecil menengah dengan jangka waktu maksimal 6 (enam) bulan dengan tanggal dimulainya masa penawaran efek
  • Surat pernyataan kesanggupan untuk melakukan perjanjian KSEI sebagai Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian dalam rangka pendaftaran Efek dalam penitipan kolektif
  • Risiko utama yang dihadapi penerbit
  • Informasi mengenai tidak likuidnya efek yang ditawarkan
  • Informasi terkait susunan permodalan sebelum dan sesudah penghimpunan dana
  • Informasi terkait jumlah efek yang ditawarkan
  • Jumlah dana yang akan dihimpun dalam penawaran Efek dan tujuan penggunaan dana hasil penawaran Efek melalui Danamart
  • Jumlah minimum dana yang harus diperoleh dalam penawaran Efek melalui Danamart
  • Informasi material lainnya yang perlu disampaikan kepada calon Pemodal (jika ada)
  • Persetujuan rapat umum pemegang saham yang menyetujui peningkatan modal melalui penawaran Efek dan perubahan anggaran dasar dengan memuat ketentuan penitipan kolektif
  • Kebijakan dividen dan mekanisme penetapan harga saham
Apakah ada biaya pendaftaran untuk menjadi Penerbit atau Pendana di Danamart?

Tidak ada. Pendaftaran menjadi Penerbit atau Pemodal di Danamart tidak dipungut biaya.

Apakah ada biaya ketika Penerbit mengajukan pendanaan?

Ya. Danamart menerima komisi dengan jumlah yang standar dan terjangkau.

Berapa banyak komisi yang diterima Danamart dari Penerbit?

Komisi yang dipotong dari Penerbit tergantung dari hasil analisis kredit dan skor kredit Penerbit. Untuk mencari tahu lebih jauh, silakan mengunjungi laman Biaya dan Imbal Hasil.

Kapan komisi Danamart dibayarkan?

Komisi Danamart akan dipotong secara otomatis dari dana sebelum dikirimkan ke Penerbit. Untuk mencari tahu lebih jauh, silakan mengunjungi laman Biaya dan Imbal Hasil.

Siapa yang Dimaksud dengan Pemodal?

Danamart Crowdfunding adalah platform bagi Investor untuk berkontribusi pada upaya kemanusiaan, sambil berinvestasi dalam bisnis yang etis dan berdampak serta mendiversifikasi portofolio mereka. Investor dapat berinvestasi hanya dengan minimal Rp 5.000.000 dan menerima keuntungan dari 12% hingga 24% per tahun.

Melalui Danamart, Investor akan terhubung dengan Emiten yang telah melalui proses seleksi penilaian kredit berkualitas tinggi untuk memastikan keselamatan, keamanan dan dampak sosial yang luas dari bisnis mereka. Dengan berinvestasi di Danamart Crowdfunding, Anda mengambil langkah besar pertama menuju pertumbuhan portofolio, tujuan dan upaya sosial, dan ekonomi nasional Anda.

Siapa yang memenuhi syarat sebagai investor?

Investor adalah pihak yang membeli Efek Emiten melalui Layanan Urun Dana. Investor dapat berupa perorangan atau badan usaha, baik berupa lembaga jasa keuangan maupun badan usaha lainnya.

Siapa saya yang bisa menjadi Investor?

Individu, karyawan atau pengusaha/professional. Badan usaha, baik yang berbentuk lembaga jasa keuangan maupun badan usaha lainnya.

Bagaimana menjadi Pemodal?

1. Mendaftar dan verifikasi data, identitas, dan dokumen pendukung.

2. Tandatangan perjanjian layanan urun dana.

3. Transfer dana.

4. Pilih produk/efek yang tersedia untuk investasi.

Daftar Sekarang

Apakah pembiayaan di Danamart aman?

Kami memastikan bahwa setiap pengajuan pembiayaan yang dilakukan oleh Penerbit telah lolos proses penilaian serta seleksi yang ketat dari Danamart. Setelah dana diserahkan, kami terus memantau dan secara berkala mengingatkan Penerbit untuk melaksanakan yang sudah menjadi kewajibannya.

Bagaimana jika Penerbit saya tidak menjalankan kewajibannya (pembayaran dividen atau imbal hasil)?

Setiap pembiyaan yang diterbitkan melalui Danamart, Danamart akan terus membantu memantau dan mengingatkan Penerbit secara berkala untuk menjalankan kewajibannya. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran, Danamart akan membantu mengingatkan Penerbit untuk menjalankan kewajibannya.

Bagaimana cara saya mengirimkan dana untuk membiayai penerbitan efek di Danamart?

Pemodal harus mentransfer ke akun virtual mereka. Dana dari akun virtual tersebut akan diteruskan ke penerbitan efek yang telah dipilih oleh Pemodal pada saat tanggal penyerahan dana ke Penerbit.

Kapan saya akan mendapatkan dividen atau imbal hasil dari pembiayaan tersebut?

Pemodal akan menerima  imbal hasil untuk obligasi dan pembagian dividen untuk saham. Khusus untuk obligasi pokok pembiayaan akan diterima pada akhir periode. Jadwal pembagian dividen atau imbal hasil di masing-masing Penerbit berbeda-beda. Periode tersebut akan dicantumkan pada prospektus ketika awal penawaran efek ditawarkan kepada Pemodal.

Siapa yang dimaksud dengan Rekanan?

Rekanan adalah pihak yang menghubungkan kliennya ke Danamart sebagai Pemodal dan/atau Penerbit. Rekanan akan menerima komisi dari Danamart ketika Danamart mendapatkan Pemodal dan/atau Penerbit berdasarkan rekomendasi Rekanan.

Siapa saja yang bisa menjadi Rekanan?

1. WNI
2. Individu WNA
3. Badan Hukum Indonesia dan/atau Luar Negeri
4. Badan Usaha Indonesia dan/atau Luar Negeri
5. Institusi Internasional

Apa itu Nomor Akun Virtual?

Nomor Akun Virtual adalah nomor unik yang dapat Anda gunakan untuk mentransfer dana, pembayaran imbal hasil, dividen dan pembayaran pokok obligasi.

Kenapa Harus Menggunakan Akun Virtual?

Akun Virtual dikelola oleh payment gateway yang ditunjuk oleh Danamart. Untuk Pemodal, hal ini menjamin bahwa dana akan diterima secara unik tercatat sesuai dengan transaksi yang dilakukan sebelum didistribusikan untuk pembelian saham/obligasi atau pembayaran kewajiban dividen/bagi hasil, bagi Penerbit.

Kapan Saya Akan Mendapat Nomor Akun Virtual?

Untuk Pemodal, akun virtual akan diberikan setelah kami memverifikasi akun Anda. Untuk Penerbit, akun virtual akan diberikan setelah pengajuan pembiayaan Anda telah disetujui.

Apakah Akun Virtual Aman Digunakan?

Ya, akun virtual aman digunakan. Setiap transaksi yang terjadi pada virtual account, akan secara unik tercatat sesuai dengan transaksi Pemodal/Penerbit lakukan. Sehingga, laporannya akan tercermin pada akun Anda pada platform Danamart.

Berapa saldo minimal di akun virtual?

Tak ada saldo minimal untuk akun virtual.

Apa itu Dokumen Elektronik?

Dokumen Elektronik adalah informasi elektronik apa saja yang dibuat, ditembuskan, dikirim, diterima, atau disimpan dalam piranti analog, digital, elektromagnetik, optik, atau semacamnya, yang dapat dilihat, ditunjukkan, dan/atau didengar melalui komputer atau Sistem Elektronik. Termasuk di antaranya adalah tulisan, bunyi, gambar, peta rancang, foto, surat, tanda, angka, kode akses, simbol, atau perforasi yang dapat dipahami pengirim dan penerimanya, seperti diatur dalam UU no. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Seperti apa proses penandatanganan kontrak untuk Pemodal?

Pemodal harus menandatangani perjanjian Layanan Urun Dana antara Pemodal dan Penyelenggara terlebih dahulu. Setelah data formulir pendaftaran Pemodal telah terisi, kami akan mengirim dokumen elektronik ke Pemodal. Setelah kesepakatan elektronik telah ditandatangani, kami akan melakukan verifikasi akhir dan mengaktivasi akun Pemodal.

Seperti apa proses penandatanganan perjanjian untuk Penerbit?

Setelah Penerbit lolos proses evaluasi dari Danamart, Penerbit akan mendapat penawaran untuk menerbitkan efek dari Danamart melalui akun yang telah terdaftar. Setelah Penerbit menyetujui penawaran tersebut, proses penggalangan dana akan dimulai. Setelah proses penggalangan dana berhasil, Danamart akan mengirimkan perjanjian antara Penerbit dengan Danamart untuk dilakukan penandatanganan sebelum proses penyerahan dana.

Apa itu tanda tangan elektronik? Apa saja persyaratan agar seseorang dapat dipilih sebagai perwakilan resmi pihak lain? Apa dasar hukumnya di Indonesia?

Tanda tangan elektronik adalah tanda tangan yang terdiri dari informasi elektronik yang ditautkan, berhubungan, atau terkait dengan informasi elektronik lain yang digunakan sebagai alat verifikasi dan pembuktian keaslian. Penandatangan adalah subyek hukum yang terkait dengan tanda tangan elektronik. Sistem ini diatur dalam UU no. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Pasal 1 ayat 12-13 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 No. 58)

Apakah tanda tangan elektronik punya kekuatan hukum dan konsekuensi hukum yang sama dengan tanda tangan di kertas?

Menurut penjelasan Pasal 11 Paragraf (1) UU no. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum dengan tanda tangan manual, serta memiliki konsekuensi hukum sama. Aturan ini memungkinkan siapa saja mengembangkan metode, teknik, atau proses pembuatan tanda tangan elektronik. (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 No. 58)

Apakah tanda tangan elektronik bisa dipakai sebagai bukti dalam proses pengadilan? Apa dasar hukumnya?

Ya. Informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dan/atau versi cetaknya adalah bukti hukum yang sah. Informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik dan/atau versi cetaknya adalah bentuk bukti yang sah menurut hukum acara di Indonesia. Pengecualiannya adalah surat yang, menurut hukum, harus ditetapkan di hadapan pejabat publik atau ditulis secara manual. Surat yang menurut hukum harus berbentuk tertulis termasuk tapi tak terbatas pada surat sekuritas, surat berharga, dan surat yang digunakan dalam penegakan hukum hukum perdata, pidana, dan administrasi negara. Dasar hukum dari proses ini adalah Pasal 5 dari UU no. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 No. 58).

Apakah kesepakatan atau dokumen lain yang ditandatangani tanpa materai memiliki kekuatan hukum?

Ya. Apabila tidak ada materai dalam surat kesepakatan (misalnya, dalam kesepakatan penjualan dan pembelian), kegiatan legal tersebut masih tetap sah, tapi tidak memenuhi persyaratan sebagai alat pemeriksaan. Meski kegiatan legal tersebut tetap sah, keabsahan persetujuan tersebut ditentukan sesuai Pasal 1320-1328 di Kitab Undang-Undang Hukum Perdata. Jika surat tanpa materai digunakan sebagai bukti dalam proses persidangan, maka materai dapat diberikan di lain waktu. Apabila materai dibutuhkan untuk persetujuan yang dibuat dan ditandatangani dengan sistem pengajuan kami, Anda hanya perlu pergi ke kantor pos yang terdekat dengan lokasi pemasangan materai setelah kesepakatan ditandatangani (biasa disebut “nazegel”).

Apabila pihak lain menandatangani persetujuan elektronik untuk saya, apakah saya terikat pada isi kesepakatan tersebut?

Segala bentuk kelalaian dalam mengamankan Kode Akses dan akses ke surel Anda adalah tanggungjawab Anda. Penyedia Sistem Elektronik tidak bertanggungjawab atas terjadinya kesalahan dan/atau kelalaian dari pengguna Sistem Elektronik. Dasar hukum dari ini adalah Pasal 15 Paragraf (3) dari UU no. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2008 No. 58).

Siapa saja Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik menurut hukum?

Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik adalah badan hukum yang berperan sebagai pihak terpercaya yang memfasilitasi pembuatan Tanda Tangan Elektronik. Dasar hukumnya adalah Pasal 1 Nomor 6 di PP 82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Transaksi dan Sistem Elektronik.

Catatan

Uraian di bawah ini bukan dasar untuk panduan pajak atau pendanaan dan tak bisa digunakan untuk maksud tersebut. Pemodal dan Penerbit harus berkonsultasi dengan penasihat pajak pribadi untuk memahami dampak pajak dari transaksi mereka masing-masing.

Apa saja dampak pajak untuk para Penerbit?

Untuk Penerbit, tak ada pajak yang dikenakan dalam pengajuan pembiyaan selama transaksi tersebut dihitung sebagai biaya. Namun, ketika Penerbit gagal melaksanakan kewajiban, maka hukum pajak yang berlaku diperlukan untuk menghitung gagal bayar pokok obligasi (jika penerbitan EBUS) tersebut sebagai pemasukan dalam laporan pajak mereka.

Apa saja dampak pajak untuk Pemodal?

Untuk Pemodal, ada dua metode pelaporan pajak yang optimal:

  • Pajak pendapatan imbal hasil sebanyak 15%.
  • Pajak pendapatan untuk laba bersih dari pembelian efek.

Pilihan pertama direkomendasikan apabila Pemodal tidak punya investasi yang merugikan atau punya portfolio yang sedikit. Pilihan kedua direkomendasikan apabila Pemodal ingin mengurangi kerugian dari investasi yang merugikan. Selain kedua pilihan ini, ada cara-cara lain untuk menyertakan pemasukan ini dalam laporan pajak Anda. Kami merekomendasikan Pemodal untuk berkonsultasi dengan konsultan pajak yang terpercaya.

Apakah pemasukan dari imbal hasil yang didapat dari pembelian efek di Danamart tak dipotong pajak?

Untuk saat ini, imbal hasil yang didapat dari Penerbit belum dipotong Pajak Pendapatan Pasal 23. PPh Pasal 23 adalah pajak yang dipotong oleh pemungut pajak dari pembayar pajak berdasarkan pemasukan yang didapat dari modal (deviden, imbal hasil, royalti, etc), pemberian layanan, atau kegiatan administrasi selain yang dipotong dari Pajak Pendapatan Pasal 21.

Apakah Pendana mendapatkan Bukti Penerimaan Negara / Bukti Pemotongan Pajak?

Tidak. Anda tidak akan mendapatkan Bukti Penerimaan Negara dari Penerbit yang Anda beli efeknya.

Apa saja risiko yang dapat terjadi dalam layanan pinjaman dana berbasis teknologi informasi?

  1. Peraturan pemerintah/regulator.
  2. Penggunaan dan terbukanya data pribadi ke pihak yang berwenang.
  3. Pajak pendapatan untuk keuntungan dari pembelian efek.
  4. Risiko usaha.
  5. Risiko investasi.
  6. Risiko likuiditas.

Risiko internal:

  1. Penilaian daring yang tak akurat.
  2. Masalah dengan piranti lunak dan/atau situs Danamart.
  3. Kegagalan Sistem Elektronik.

Risiko eksternal:

  1. Kelangkaan pembagian dividen dan/atau dilusi kepemilikan saham, jika Efek yang diterbitkan merupakan saham.
  2. Gagal bayar atas Efek bersifat utang atau Sukuk, jika Efek yang diterbitkan merupakan Efek bersifat utang atau Sukuk.
  3. Penerbit memberikan informasi yang tidak benar.
  4. Fluktuasi suku imbal hasil di pasar.
  5. Kendala layanan di pihak ketiga.
  6. Peretasan, virus, dan infiltrasi.
  7. Bencana alam.