Apa itu Danamart?
Layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial, kami hadir untuk membuat kebutuhan kredit menjadi lebih mudah dan terjangkau serta pendanaan lebih aman dan menguntungkan.
Apa itu layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial?
Penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam secara langsung melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.
Bagaimana cara kerja layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial?
Layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial digunakan untuk pinjam dan meminjamkan uang. Di mana Peminjam dihubungkan dengan calon Pendana untuk mendapatkan pinjaman, begitu juga Pendana akan dihubungkan dengan Peminjam yang yang membutuhkan Pendanaan.
Apa keuntungan yang diperoleh dari layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial bagi peminjam/pelaku usaha UMKM?
Untuk pengusaha dan UKM bertujuan menyediakan cara yang sederhana dan lebih baik untuk mendapatkan dana pinjaman. Sederhana, karena peminjam dapat memanfaatkan template stAndar dan proses online yang mudah untuk mengkonfigurasikan permohonan pinjaman. Lebih baik, karena Peminjam kini dapat menggunakan layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial melalui media internet untuk melakukan penggalangan dana pinjaman.
Apa keuntungan yang diperoleh dari layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial bagi Pendana?
Untuk Pendana, layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi finansial bertujuan untuk memberikan pendekatan yang lebih transparan dan beragam untuk peluang pendanaan. Setiap Pendana mempunyai akses ke peluang pendanaan pada kredit UMKM. Semua informasi dari setiap pinjaman bisa diakses secara mudah melalui website/platform. Jumlah minimum pendanaan rendah, Pendana berpotensi menyebar pendanaannya di beberapa peluang pendanaan dan dapat mendiversifikasi portofolio mereka. Pada akhirnya, Pendana dapat dengan mudah melacak hasil pendanaan mereka, kapanpun dan dimanapun.
Apakah informasi dan data pribadi yang diberikan aman?
Informasi pribadi Anda akan kami simpan secara aman. Danamart tidak akan memberikan informasi dan data pribadi kepada pihak ketiga tanpa izin dan tidak akan menghubungi Anda untuk menanyakan data pribadi selain untuk kelengkapan verifikasi.
Apakah Danamart menyediakan dana?
Tidak, ketika Pendana melakukan pendanaan di pinjaman pada Danamart mereka melakukan pendanaan di pinjaman yang mereka pilih.
Apakah Danamart menganjurkan untuk mendanai pada pinjaman tertentu?
Tidak. Danamart tidak berwenang untuk memberikan nasihat keuangan. Kami mengkonfirmasi dan menyetujui semua informasi yang tersedia di setiap pinjaman, kami tidak membuat penilaian sendiri tentang apakah pinjaman tersebut merupakan peluang pendanaan yang baik atau tidak. Kami percaya bahwa besarnya jumlah Pendana yang beragam lebih cocok untuk menilai prospek bisnis daripada beberapa tenaga profesional.
Apakah Danamart diregulasi oleh OJK?
Danamart (PT. Dana Aguna Nusantara) adalah penyelenggara layanan pinjam-meminjam uang berbasis teknologi informasi. Kegiatan pinjam-meminjam di Danamart mengacu pada peraturan sebagaimana telah diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sesuai dengan peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016.
Selama ini, Danamart masih dalam proses pendaftaran di OJK.
Apa yang dimaksud dengan pinjaman?
Pinjaman Danamart merupakan pinjaman cepat untuk kebutuhan modal usaha. Pinjaman dana dimulai dari Rp 100 juta hingga Rp 2 miliar, dengan tenor 1 sampai 6 bulan.
Siapa yang dimaksud dengan Peminjam?
Peminjam adalah badan usaha yang berbentuk PT/CV yang mengajukan pinjaman untuk kebutuhan bisnisnya melalui website Danamart yang telah diverifikasi dan telah melalui proses analisa dan credit scoring yang dilakukan oleh Danamart.
Siapa saja yang bisa menjadi Peminjam?
Perusahaan/UMKM yang sudah berbentuk badan usaha PT/CV.
Bagaimana cara mengajukan pinjaman melalui Danamart?
Untuk disetujui sebagai peminjam di Danamart Anda harus menjalani proses analisa dan credit scoring dan juga menyerahkan informasi perusahaan.
Bagaimana cara saya mendapat pinjaman?
Saat permohonan pinjaman Anda telah disetujui, permohonan Anda akan tersedia di website Danamart untuk dapat didanai oleh para Pendana. Anda bisa mengecek proses pendanaan pinjaman Anda pada dashboard akun Peminjam. Jika progress bar pendanaa telah mencapai 100% atau setidaknya 60% dalam 14 hari, maka dana pinjaman akan ditransfer ke rekening yang ditunjuk.
Berapa minimal dan maksimal pinjaman yang dapat diajukan ke Danamart?
Peminjam dapat mengajukan pinjaman mulai dari Rp. 100.000.000,- dan Maksimal Rp. 2.000.000.000,-
Apa saja informasi/dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman?
  1. Akte Perusahaan
  2. NPWP Perusahaan
  3. SIUP
  4. TDP Perusahaan
  5. KTP Pemilik
  6. KTP Direktur Utama/Penanggung Jawab
  7. Nama & Nomor Rekening Bank
  8. SKDU
  9. Laporan Keuangan 2 Tahun Terakhir
  10. Bank Statement 24 Bulan Terakhir
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan pinjaman pada Danamart?
Waktu yang diperlukan dalam pengajuan pinjaman hingga mendapatkan keputusan yaitu 7 hari kerja sejak dokumen lengkap kami terima Apabila pinjaman disetujui, maka proses penggalangan dana pinjaman akan dilakukan selama 14 hari, terhitung setelah Peminjam melakukan konfirmasi pengambilan pinjaman. Apabila sebelum 14 hari jumlah dana telah memenuhi pinjaman yang diajukan, maka proses penggalangan dana pinjaman akan ditutup dan dilanjutkan ke proses pencairan dana. Apabila setelah 14 hari jumlah dana belum memenuhi pinjaman yang diajukan dan atau belum mencapai 60% maka akan diadakan diskusi lebih lanjut antara Danamart dan Peminjam terkait.
Apakah Danamart memeriksa setiap pinjaman yang masuk?
Ya. Setiap pengajuan pinjaman yang masuk akan diverifikasi dan melalui proses analisa serta credit scoring dari Danamart
Apakah harus memberikan jaminan agar bisa memperoleh pinjaman?
Tidak. Pada dasarnya pinjaman pada Danamart tidak memerlukan jaminan untuk disertakan pada pengajuan pinjaman. Namun, jika Peminjam menyertakan jaminan, maka akan mempengaruhi credit scoring yang dimana bisa menurunkan bunga yang dikenakan ke Peminjam atas pinjaman yang diajukan melalui Danamart
Bagaimana cara saya membayar cicilan?
Pinjaman Anda harus dibayarkan Anda dapat mengirimkan pembayaran Anda ke nomor virtual account Anda. Informasi mengenai nomor virtual account Anda dapat dilihat di dashboard peminjam.
Apakah pinjaman yang telah terbit di website Danamart sudah pasti akan didanai oleh pendana?
Tidak. Untuk mendanai suatu pinjaman adalah sepenuhnya keputusan Pendana yang akan memilih Pinjaman mana yang akan didanai.
Apakah semua orang dapat melihat informasi pinjaman yang diterbitkan di website Danamart?
Semua pengguna yang disetujui dan terdaftar di website/platform Danamart dapat melihat informasi pinjaman dan pinjaman yang diterbitkan.
Apakah Danamart bisa melakukan promosi pada pinjaman yang diajukan?
Tidak. Anda akan dipertemukan ke Pendana pada website Danamart. Namun, kami tidak bertindak sebagai promotor untuk setiap Peminjam.
Apakah peminjam akan menerima pencairan dana langsung setelah pendana melakukan pendanaan?
Ya. Peminjam diperbolehkan mengakses dana Pendana jika telah mencapai jumlah target pinjaman sebelum berakhirnya periode penggalangan dan. Jika tidak mencapai jumlah target pinjaman, dana dikembalikan ke Pendana.
Apabila pinjaman telah terdanai, bagaimana Peminjam menerima uang pinjaman tersebut?
Dana pinjaman yang berasal dari Pendana akan diterima oleh Peminjam pada rekening yang ditunjuk Peminjam. Namun, jika jenis pinjaman adalah Purchase Order Financing, maka proses pencairan pinjaman akan dilakukan langsung ke rekening supplier yang ditunjuk oleh Peminjam.
Kapan pembayaran cicilan dimulai?
Satu bulan setelah tanggal pencairan pinjaman, sesuai dengan kontrak Pinjam Meminjam.
Bisakah kita membayar cicilan sebelum tanggal yang ditentukan?
Bisa. Namun pembayaran harus dilakukan dengan jumlah cicilan penuh per bulan.
Bisakah mengajukan pinjaman baru apabila pinjaman sebelumya belum lunas?
Bisa. Selagi peminjam mempunyai kondisi keuangan yg mencukupi untuk bayar cicilan per bulan.
Apa itu Invoice Financing?
Invoice financing merupakan produk pinjaman bagi pebisnis yang membutuhkan modal usaha cepat namun pendapatannya masih berupa invoice yang belum dibayar klien/buyer. Saat invoice dibayar, Peminjam akan membayar pinjaman invoice financing dengan ketentuan yang sudah disetujui.
Berapa minimal dan maksimal pinjaman yang dapat diajukan dengan Invoice Financing?
Minimal Rp. 100.000.000,- dan Maksimal Rp. 2.000.000.000,-.
Berapa lama tenor yang tersedia untuk Invoice Financing?
Minimal 1 bulan dan Maksimal 3 bulan.
Seberapa amankah produk invoice financing?
Kelebihan dari invoice financing adalah hubungan yang sudah terjalin baik antara peminjam dan pihak klien/buyer sehingga risiko lebih kecil dan unsur fraud bisa ditangani dengan baik. Danamart tetap menjamin bahwa setiap aplikasi pinjaman akan melalui proses penilaian kredit yang ketat. Setelah pencairan dana, kami terus memonitor peminjam dan akan mengingatkan peminjam untuk membayar pinjaman secara tepat waktu.

Departemen Collection dan/atau pihak ketiga yang membantu proses pengumpulan dana akan siap untuk mengusahakan pengembalian pinjaman. Namun perlu diperhatikan risiko default (kredit macet) akan tetap ada, Anda dapat kehilangan sebagian atau keseluruhan pendanaan Anda. Maka kami sangat menyarankan Anda untuk terus melakukan diversifikasi terhadap pinjaman yang kami tawarkan di Danamart.
Apakah semua jenis invoice/faktur dapat dijadikan dasar untuk mengajukan pinjaman?
Pada dasarnya semua jenis invoice/faktur dapat dijadikan dasar sebagai invoice financing, namun terdapat beberapa invoice/faktur yang kemungkinan layak dijadikan dasar untuk mengajukan invoice financing, yaitu calon peminjam yang mempunyai hubungan bisnis dengan salah satu perusahaan dibawah ini, yaitu:
  1. Perusahaan Asing
  2. Perusahaan BUMN/Instansi Pemerintah
  3. Perusahaan Publik (Tbk.)
  4. Perusahaan Konglomerasi
  5. Perusahaan Multinasional
Namun, invoice/faktur yang diajukan sebagai dasar pinjaman tetap akan dianalisa hubungan antara calon peminjam dengan bohir (perusahaan klien/buyer) yang menerbitkan purchase order oleh tim tim penilaian kredit Danamart.
Bagaimana Danamart menilai kelayakan invoice yang akan didanai?
Pengajuan invoice financing dievaluasi dan disetujui berdasarkan kriteria dan pengujian yang dilakukan oleh tim Danamart. Kami mengevaluasi hard data dan soft data yang diberikan calon peminjam dan melakukan validasi atas data tersebut melalui pihak ketiga dan cek lapangan. Semua proses penilaian akan dituangkan ke dalam Danamart Factsheet yaitu penilaian Danamart terhadap Peminjam beserta kapasitas dan keinginannya mengembalikan pinjaman.
Apa itu Purchase Order Financing?
Pembiayaan pesanan beli adalah pilihan pendanaan untuk bisnis yang membutuhkan uang tunai untuk memenuhi pesanan pelanggan tunggal atau banyak. Di banyak bisnis ada masalah arus kas. Akan ada saat dimana hanya ada cukup uang yang tersedia untuk menutupi biaya berbisnis. Akibatnya, mungkin ada perintah dari klien yang tidak bisa dipenuhi karena kekurangan uang.

Namun jika perusahaan mengalihkan pesanan pembelian karena mereka tidak mampu menyelesaikan pekerjaan, kepercayaan pelanggan berkurang. Oleh karena itu, untuk menghindari skenario semacam itu, sangat penting bahwa bisnis menemukan uang yang mereka butuhkan. Dan karena itu, pembiayaan pesanan beli ini adalah cara terbaik sebagai alternatif untuk pembiayaan.
Berapa minimal dan maksimal pinjaman yang dapat diajukan dengan Purchase Order Financing?
Minimal Rp. 100.000.000,- dan Maksimal Rp. 2.000.000.000,-
Berapa lama tenor yang tersedia untuk Purchase Order Financing?
Minimal 1 bulan dan maksimal 6 bulan
Apakah semua jenis purchase order dapat dijadikan dasar untuk mengajukan pinjaman?
Pada dasarnya semua jenis purchase order dapat dijadikan dasar sebagai purchase order financing, namun terdapat beberapa purchase order yang kemungkinan layak dijadikan dasar untuk mengajukan purchase order financing, yaitu calon peminjam yang mempunyai hubungan bisnis dengan salah satu perusahaan dibawah ini, yaitu:
  1. Perusahaan Asing
  2. Perusahaan BUMN/Instansi Pemerintah
  3. Perusahaan Publik (Tbk.)
  4. Perusahaan Konglomerasi
  5. Perusahaan Multinasional
Namun, purchase order financing yang diajukan sebagai dasar pinjaman tetap akan dianalisa hubungan antara calon peminjam dengan bohir (perusahaan klien/pembeli) yang menerbitkan purchase order oleh tim tim penilaian kredit Danamart.
Apakah terdapat biaya pendaftaran jika ingin menjadi Pendana dan mendanai pinjaman yang terdapat pada Danamart?
Tidak ada.
Apakah terdapat biaya-biaya yang dikenakan kepada Peminjam jika mengajukan pinjaman kepada Danamart dan biaya apa sajakah itu?
Ya, ada. Biaya-biaya yang akan dikenakan adalah komisi penyelenggara.
Berapakah komisi penyelenggara yang dikenakan kepada Peminjam oleh Danamart?
Komisi penyelenggara yang dikenakan kepada peminjam bervariasi tergantung analisa kredit dan peringkat kredit Peminjam. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat pada halaman “Biaya dan Bunga”.
Kapankan komisi penyelenggara itu dibayarkan?
Sebelum pencairan pendanaan kepada Peminjam, pendanaan dari Pendana terlebih dahulu dipotong komisi penyelenggara. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat pada halaman “Biaya dan Bunga”.
Siapa yang dimaksud dengan Pendana?
Pendana adalah orang, badan hukum, dan/atau badan usaha yang menyediakan pendanaan untuk disalurkan pada pinjaman yang terbit melalui Danamart yang terikat perjanjian Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi pada Danamart.
Siapa saja yang dapat menjadi Pendana?
  1. Orang perseorangan warga negara Indonesia;
  2. Orang perseorangan warga negara asing;
  3. Badan hukum Indonesia/asing;
  4. Badan usaha Indonesia/asing; dan/atau
  5. Lembaga internasional.
Apakah mendanai di Danamart aman?
Kami tetap menjamin bahwa aplikasi pinjaman akan melalui proses penilaian kredit yang ketat. Setelah pencairan dana, kami memonitor dan mengingatkan Peminjam untuk membayar pengembalian bulanan secara tepat waktu.
Berapa minimal dan maksimal untuk mendanai di Danamart?
Pendanaan yang dapat disalurkan dimulai dari Rp. 1.000.000,- sampai dengan Rp. 2.000.000.000,- pada sautu pinjaman.
Bagaimana jika peminjam saya gagal bayar?
Kami akan terus memonitor dan mengingatkan Peminjam untuk membayar pengembalian bulanan secara tepat waktu. Jika terjadi keterlambatan pembayaran, Danamart dan pihak ketiga yang membantu proses pengumpulan dana akan siap untuk mengusahakan pengembalian pinjaman.

Namun jika tidak menemui titik temu untuk Peminjam melunasi pinjamannya, maka Danamart akan mengajukan klaim atas gagal bayar Peminjam pada asuransi, karena semua pinjaman yang terbit melalui Danamart pada dasarnya dijamin oleh asuransi.
Bagaimana saya mengirim dana untuk mendanai pinjaman di Danamart?
Pendana harus terlebih dahulu melakukan transfer ke masing-masing virtual account Pendana, yang selanjutnya dana dari virtual account Pendana dapat disalurkan pada pinjaman yang dipilih oloh Pendana.
Kapan saya akan mendapatkan pembayaran dari pinjaman?
Setelah 1 bulan dari tanggal pencairan pinjaman kepada Peminjam, Pendana akan mendapatkan pembayaran cicilan bunga, untuk pokok pinjaman akan diterima akhir periode pinjaman.
Apakah informasi tentang Peminjam akan diberitahukan kepada Pendana?
Tidak. Mengacu pada POJK No.77/POJK.01/2017 Pasal 19 Angka 4, Akses informasi sebagaimana dimaksud tidak termasuk informasi terkait identitas Penerima Pinjaman (Peminjam).
Siapa yang dimaksud dengan mitra?
Mitra adalah pihak yang mereferensikan pihak Pendana dan/atau Peminjam untuk Mendanai dan/atau Meminjam melalui Danamart yang akan mendapat benefit berupa komisi atas transaksi Pendana/Peminjam yang terjadi di Danamart.
Siapa saja yang dapat menjadi mitra?
  1. rang perseorangan warga negara Indonesia;
  2. Orang perseorangan warga negara asing;
  3. Badan hukum Indonesia/asing;
  4. Badan usaha Indonesia/asing; dan/atau
  5. Lembaga internasional.
Apa itu no. rekening virtual acoount?
Virtual acoount menyediakan sebuah angka unik bagi Anda untuk mentransfer dana untuk tujuan deposit dan/atau pembayaran cicilan atau pokok.
Kenapa harus menggunakan virtual account?
Virtual account dikelola oleh bank manajemen kas yang ditunjuk oleh Danamart, dengan demikian kami memastikan bahwa dana Anda akan diterima oleh institusi keuangan yang kredibel, diawasi dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk kemudian disalurkan bertransaksi membayar cicilan bunga atau mendanai suatu pinjaman.
Kapan saya mendapatkan no. virtual account?
Virtual account didapatkan setelah verifikasi Pendana berhasil dan bagi Peminjam, setelah pinjaman disetujui.
Apakah virtual account aman untuk digunakan?
Ya, virtual account aman untuk digunakan karena informasi disampaikan secara langsung dari rekening bank pemberi pinjaman dan virtual account bank.
Berapakah batas saldo minimum pada virtual account?
Tidak ada saldo minimum pada virtual account.
Apa itu Dokumen Elektronik?
Dokumen Elektronik adalah setiap informasi elektronik yang dibuat, diteruskan, dikirimkan, diterima, atau disimpan dalam bentuk analog, digital, elektromagnetik, optikal, atau sejenisnya, yang dapat dilihat, ditampilkan, dan/atau didengar melalui komputer atau Sistem Elektronik termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta rancangan, foto atau sejenisnya, huruf, tanda, angka, kode akses, simbol atau perforasi yang memiliki makna atau arti atau dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya sebagaimana dimaksud dalam UndangUndang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
Bagaimana proses penandatanganan kontrak untuk Pendana?
Pendana harus terlebih dahulu menandatangani perjanjian. Kami akan mengirimkan dokumen elektronik kepada Pendana ketika data formulir pendaftaran Pendana telah diisi. Setelah perjanjian elektronik ditandatangani, maka kami akan melakukan verifikasi akhir dan mengaktifkan akun Pendana.
Bagaimana proses penandatanganan kontrak untuk Peminjam?
Setelah peminjam lulus proses credit scoring dari Danamart, peminjam akan mendapatkan surat penawaran penerbitan pinjaman dari Danamart melalui akun yang terdaftar. Setelah peminjam menyetujui surat tersebut, proses pengumpulan dana akan dimulai. Ketika proses pengumpulan dana sukses, penandatanganan kontrak pinjaman akan dilakukan secara langsung antara peminjam dan Danamart.
Apakah tanda tangan elektronik itu? Dan dalam kondisi apa seseorang dapat dinyatakan sebagai penAnda tangan? Apa dasar hukum yang mengaturnya di Indonesia?
Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi. Penandatangan adalah subjek hukum yang terasosiasikan atau terkait dengan Tanda Tangan Elektronik. Dasar Hukumnya adalah Pasal 1 angka 12 dan 13 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2008 NOMOR 58)
Apakah tanda tangan elektronik memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum yang sama dengan tanda tangan diatas kertas?
Penjelasan atas Pasal 11 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik memberikan pengakuan secara tegas bahwa meskipun hanya merupakan suatu kode, Tanda Tangan Elektronik memiliki kedudukan yang sama dengan tanda tangan manual pada umumnya yang memiliki kekuatan hukum dan akibat hukum. Ketentuan ini membuka kesempatan seluas luasnya kepada siapa pun untuk mengembangkan metode, teknik, atau proses pembuatan Tanda Tangan Elektronik. (TAMBAHAN LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 4843).
Apakah Perjanjian yang dibuat secara elektronik dapat dijadikan alat bukti dalam persidangan di pengadilan? Apa dasar hukumnya?
Ya. Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dan/atau hasil cetaknya merupakan alat bukti hukum yang sah. Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dan/atau hasil cetaknya yang dimaksud diatas merupakan perluasan dari alat bukti yang sah sesuai dengan Hukum Acara yang berlaku di Indonesia. Pengecualian dari hal diatas adalah untuk surat yang menurut undang-undang harus dibuat sebagai akta di hadapan pejabat umum atau dibuat tertulis. Surat yang menurut undang-undang harus dibuat tertulis meliputi tetapi tidak terbatas pada surat berharga, surat yang berharga, dan surat yang digunakan dalam proses penegakan hukum acara perdata, pidana, dan administrasi negara. Dasar Hukumnya adalah Pasal 5 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2008 NOMOR 58.)
Apakah suatu perjanjian atau dokumen lain yang ditandatangani tanpa menggunakan materai memiliki kekuatan hukum?
Ya, dengan tiadanya materai dalam suatu surat perjanjian (misalnya perjanjian jual beli) tidak berarti perbuatan hukumnya (perjanjian jual beli) tidak sah, melainkan hanya tidak memenuhi persyaratan sebagai alat pembuktian. Sedangkan perbuatan hukumnya sendiri tetap sah, karena sah atau tidaknya suatu perjanjian itu bukan ada tidaknya materai, tetapi ditentukan oleh Pasal 1320-1328 KUHPerdata. Bila suatu surat yang dari semula tidak diberi materai dan akan dipergunakan sebagai alat bukti di pengadilan maka permateraian dapat dilakukan belakangan.

Jika Anda membutuhkan pembubuhan materai untuk perjanjian yang dibuat dan ditandatangani menggunakan aplikasi kami, Anda cukup datang ke kantor pos terdekat untuk dilekatkan materai setelah perjanjian ditandatangani (atau dinamakan “nazegel”).
Apabila terdapat orang lain dan orang tersebut menndatangani sebuah perjanjian elektronik untuk saya, apakah saya terikat dengan isi perjanjian tersebut?
Pada dasarnya segala bentuk kelalaian Anda untuk mengamankan Kode Akses dan akses terhadap email Anda sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Penyelenggara Sistem Elektronik tidak bertanggung jawab dalam hal terjadinya kesalahan dan/atau kelalaian pihak pengguna Sistem Elektronik. Dasar hukumnya adalah Pasal 15 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (LEMBARAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2008 NOMOR 58.)
Siapakah Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik berdasarkan peraturan perundang-undangan?
Penyelenggara Tanda Tangan Elektronik adalah badan hukum yang berfungsi sebagai pihak terpercaya yang memfasilitasi pembuatan Tanda Tangan Elektronik. Dasar hukumnya adalah Pasal 1 angka 6 PP 82 Tahun 2012 Tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik.
Catatan
Dibawah ini bukan merupakan, atau bisa dijadikan landasan untuk petunjuk pajak atau investasi. Peminjam dan Pendana harus berkonsultasi terhadap penasihat pajak pribadi untuk memahami tentang implikasi pajak yang berhubungan dengan situasi pribadi saat ini.
Apakah implikasi pajak terhadap Peminjam?
Bagi Peminjam, tidak ada pajak yang berlaku yang timbul dari pengajuan pinjaman selama itu diakui sebagai biaya. Namun, ketika peminjam mengalami gagal bayar maka atas undang-undang pajak yang berlaku mereka diwajibkan untuk mengakui pinjaman mereka yang gagal dibayar sebagai penghasilan pada pelaporan pajak mereka.
Apakah implikasi pajak terhadap Pendana?
Bagi para pendana, terdapat dua cara pelaporan pajak yang optimal:
  1. Pajak pendapatan atas bunga sebesar 15%.
  2. Pajak penghasilan atas keuntungan BERSIH dari investasi. Pilihan pertama akan lebih baik apabila kredit macet tidak ada atau sangat minim di portofolio pinjaman Anda. Sedangkan yang kedua akan lebih baik untuk mengimbangi kerugian dari kredit macet. Selain dua opsi ini, masih ada cara-cara lain untuk memasukkan penghasilan ini ke dalam pelaporan pajak Anda. Kami sarankan pendana untuk berkonsultasi dengan konsultan pajak untuk membuat pelaporan pajak yang efisien.
Apakah pendapatan bunga yang diperoleh dari pendanaan pinjaman di Danamart bebas pajak?
Bunga yang diperoleh dari Peminjam akan dikenakan Pajak Penghasilan Pasal 23. Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 23 adalah pajak yang dipotong oleh pemungut pajak dari Wajib Pajak atas penghasilan yang diperoleh dari modal (dividen, bunga, royalti, dll.) penyerahan jasa, atau penyelenggaraan kegiatan selain yang dipotong dalam PPh Pasal 21.
Apakah Pendana akan mendapatkan Bukti Penerimaan Negara/Bukti Potong Pajak?
Tidak. Anda tidak akan mendapatkan Bukti Penerimaan Negara dari Peminjam yang Anda danai.
Apa saja risiko yang mungkin akan terjadi pada layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi ini?
  1. Regulasi Otoritas
    • Perubahan regulasi pemerintah pada layanan pinjam meminjam berbasis teknologi informasi.
    • Penggunaan dan pengungkapan data pribadi kepada pihak yang berwenang.
  2. Resiko dalam Pendanaan
    • Risiko gagal bayar pada pinjaman dalam Danamart
    • Peminjam melakukan pelunasan pinjaman lebih awal.
    • Pembayaran Pinjaman Terlambat
    • Peminjam dapat memberikan informasi yang sesat.
    • Pinjaman tidak bisa dipindahtangankan.
  3. Risiko Interal
    • Web assestment yang dilakukan Danamart tidak akurat.
    • Terjadi masalah pada website/software Danamart
  4. Risiko Eksternal
    • Fluktuasi tingkat suku bunga di pasar.
    • Kendala layanan pada pihak ketiga
    • Hacking, Virus dan Penyusupan
    • Musibah
    • Analisa kredit pihak ketiga
    • Force majure