Ayo cek ESG disini

Masa Depan Keuangan Adalah
Danamart

Masa depan keuangan adalah kemanusiaan dan digital, dan di Danamart kami telah menempuh perjalanan jauh melalui komitmen kami terhadap bisnis dengan pendekatan tali kasih. Melalui prinsip ESG( Environment Social Governance) atau Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola, Danamart bekerja dengan bisnis pilihan dan berkualitas tinggi.

Danamart hanya memfasilitasi pinjaman kepada bisnis dengan peringkat ESG positif dan menawarkan insentif bagi bisnis untuk mempertahankan dan mengembangkan praktik dan segi lingkungan, sosial , dan juga tata kelola mereka, untuk melanjutkan pelestarian dan pertumbuhan niat baik global. Dengan praktik kemanusiaan, pemodal akan mendapatkan nilai terintegrasi dari portofolio yang beragam dan produktif, keuntungan finansial, dan menjadi bagian dari gerakan untuk melestarikan, melindungi, dan memberdayakan dunia.

Dengan menggunakan landasan prinsip-prinsip ESG maka bisnis dengan sendirinya terintegrasi dan mengimplementasikan perwujudan kesadaran pembangunan masyarakat yang kerbelanjutan berdasarkan tiga pilar ini.

Dengan memusatkan perhatian pada lingkungan sebagai pertimbangan utama, maka perusahaan akan menghasilkan kinerja yang signifikan dan operasional tingkat yang tinggi yang efisien, dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan dan menghindari kerusakan alam.

Pilar sektor sosial bertujuan untuk menjelajahi pendekatan kasih antara perusahaan dan masyarakat, termasuk karyawan, pemasok produk, pelanggan, dan komunitas di sekitarnya.

Tata kelola perusahaan memungkinkan bisnis dan investasi menjalankan perusahaan dengan praktik yang aman dan transparan. Pilar tata kelola mencakup kapasitas dan legitimasi sebuah perusahaan; hubungan dan kontrol internal, hak investor,kepatuhan dan banyak lagi.

Bagaimanapun, masih ada pertanyaan yang timbul: mengapa konsep ESG dan keberlanjutan ini saling berhubungan dengan kehidupan sebuah perusahaan? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami akan menyelami lebih dalam tentang gagasan ESG, hubungan erat mereka dengan keberlanjutan perusahaan, dan mengapa ketiga pilar tersebut menjadi fondasi untuk bisnis yang berkembang dan berdampak.

Baca Lebih Lanjut

Lingkungan Yang
Dilindungi

Kriteria Lingkungan memusatkan pada penggunaan energi perusahaan, limbah, produksi polusi, konservasi sumber daya alam dan pemeliharaan terhadap flora dan fauna. Dengan menyatukan kriteria lingkungan di bawah manajemen risiko perusahaan, maka potensi risiko akan diminimalkan dan dapat digunakan untuk mengevaluasi operasionalisasi setiap entitas perusahaan.

Integrasi ESG dengan perusahaan harus selalu disertai dengan komitmen dan penerapan prinsip-prinsip yang tercantum dalam kebijakan perusahaan. Dengan menetapkan prinsip-prinsip ESG, perusahaan dapat membuat dan merevisi regulasi dan kebijakan perusahaan seputar permasalahan apapun yang ada. Ini termasuk penggunaan energi yang lebih baru, efisiensi sumber daya alam, pengelolaan dan pembuangan limbah, dan banyak lagi.

Tentu saja komitmen ini akan mempunyai dampak positif - baik bagi perusahaan maupun lingkungan. Dengan kondisi lingkungan yang baik dan mendukung, suatu perusahaan akan memiliki operasi bisnis yang berkelanjutan melalui manajemen risiko yang baik dan target finansial yang bisa tercapai.

Baca Lebih Lanjut

Isu Sosial Yang
Sejahtera

Kriteria Sosial adalah pendekatan yang manusiawi terhadap hubungan eksternal perusahaan dengan pihak lain. Dengan memelihara hubungan yang bermakna dengan masyarakat sekitar, komunitas, pemasok, pembeli, media, dan entitas lain, kelak sebuah perusahaan akan membina hubungan langsung dan tidak langsung yang berkelanjutan dengan dampak sosial dan keuangan yang tinggi.

Sebagai bagian dari kebijakan dan risiko manajemen perusahaan, Kriteria Sosial mengutamakan dan mengeksplorasi masalah sosial yang akan mempengaruhi perusahaan dan sebaliknya. Dengan menerapkan prinsip Kriteria Sosial, perusahaan akan secara aktif mengeksplorasi masalah dan hak karyawan dan entitas lain yang terlibat dalam bisnis. Melalui hal ini, perusahaan akan memiliki kesiapan dan adaptasi untuk menangani masalah-masalah sosial, termasuk hak-hak karyawan dan kehumasan, sebelum masalah terwujud lebih luas dan menyebar ke entitas sosial lainnya.

Dengan praktik Kriteria Sosial, pertama-tama dan sangat penting jika sebuah perusahaan akan menjadi pemimpin yang menerapkan dan menjalankan pendekatan yang manusiawi terhadap dampak sosial. Semua upaya ini dilakukan dengan tetap menjaga kinerja keuangan dan kesinambungan bisnis.

Baca Lebih Lanjut

Tata Kelola Yang
Tangguh

Kriteria Tata Kelola, atau lebih khusus lagi, Tata Kelola Perusahaan memfokuskan diri pada kesehatan perusahaan, proses manajemen, dan kesinambungan program. Jika Kriteria Sosial berfokus pada hubungan eksternal, Kriteria Tata Kelola adalah pandangan dasar ke dalam manajemen dan tata kelola perusahaan. Kriteria tersebut menjadi batu ujian bagi aktivitas perusahaan, tergantung pada visi manajemen dan pemilik perusahaan. Ini semua meliputi standar perusahaan, budaya, transparansi dan keterbukaan informasi, proses audit dan kepatuhan.

Perusahaan dengan sistem yang tidak terkelola dengan baik akan mengundang bisnis yang tidak transparan, melanggar hukum, dan hak etis yang tidak jelas, serta menimbulkan nilai-nilai negatif terhadap praktik bisnis dan investasi. Dengan menerapkan Kriteria Tata Kelola, perusahaan akan menggunakannya sebagai bagian dari manajemen risiko, dan menghindari pemalsuan data, korupsi, benturan kepentingan, serta skandal dan risiko internal.

Kesehatan internal perusahaan adalah salah satu pertimbangan terbesar untuk kepercayaan dan transparansi, terutama untuk investor. Kesehatan internal perusahaan kelak memberikan kepercayaan tambahan bagi calon investor. Dengan kerangka ini, setiap masalah tata kelola akan dipertimbangkan dan diperhitungkan saat menyiapkan dan merancang peraturan perusahaan. Dengan Kriteria Tata Kelola, perusahaan akan menempatkan landasan niat baik, termasuk pendekatan yang jelas terhadap legalitas dan etika, yang akan memastikan kesehatan keuangan dan keberlanjutan perusahaan.

Baca Lebih Lanjut

EMPATI & ESG

Mimpi Danamart adalah masa depan keuangan yang berfokus pada kemanusiaan. Dalam istilah bisnis, kami percaya pada kriteria ESG (Environmental, Social, dan Governance) sebagai bagian dari landasan dan prinsip perusahaan di masa depan.

Reputasi

Kedudukan dan nama baik aset dan organisasi adalah hal yang penting untuk kesehatan internal dan eksternal perusahaan.

Misalnya, masalah reputasi dapat timbul karena masalah sosial dan tata kelola perusahaan seperti memperlakukan pekerja anak, tindak korupsi atau dari meningkatnya kritik masyarakat terhadap perusahaan. Masalah ini kelak akan menyebabkan hilangnya kepercayaan dan pendapatan perusahaan. Di sisi lain, peluang untuk membangun reputasi baik misalnya dengan meningkatkan keterlibatan masyarakat, sertifikasi reputasi yang terus menerus; standar kesehatan dan keselamatan pekerja yang baik, dapat menghasilkan kelangsungan hidup serta efisiensi. Dengan ESG, perusahaan akan menjaga reputasi yang sehat dan berkualitas tinggi.

Regulasi dan Hukum

Kemungkinan persyaratan dan regulasi baru biasanya akan menciptakan ketidakpastian bagi investor.

Risiko ini muncul karena ketidakpastian dan bagaimana para regulator akan mengubah standar lingkungan atau kesehatan dan keselamatan. Pada saat yang sama, peluang bisa muncul ketika skema pajak preferensial atau subsidi pemerintah menciptakan insentif bagi investor untuk mengadopsi teknologi baru atau menerapkan langkah-langkah efisiensi energi. Dengan ESG, sebuah perusahaan akan memiliki kemampuan beradaptasi dan sumber daya untuk mengikuti peraturan dan undang-undang baru.

Sistem Operasional

Peluang operasional dan pengendalian risiko muncul melalui operasi organisasi infrastruktur.

Ini termasuk proses yang melibatkan teknologi seperti efisiensi sumber daya, kecepatan, bobot, atau manajemen terkait staf seperti produktivitas dan biaya personil. Faktor-faktor ini secara langsung tercermin dalam garis EBITDA dari P&L suatu organisasi. Dengan ESG, sistem operasional mencakup setiap bagian perusahaan dan menjadi bagian dari landasan manajemen.

Pasar

Lingkungan pasar dan perubahannya berada di luar kendali organisasi. Masalah seputar ESG dapat menyebabkan masalah seperti kekurangan pasokan dan kenaikan harga.

Pada akhirnya, ini juga dapat mempengaruhi permintaan ketika ada perubahan dalam preferensi konsumen atau masyarakat, seperti diskusi seputar listrik ramah lingkungan versus listrik berbasis fosil.

Perubahan Iklim & Masa Depan Dunia

Perubahan Iklim diakui secara luas sebagai masalah sistemik global. Perubahan iklim juga akan memberikan dampak yang cukup besar terhadap perekonomian global. Menurut studi oleh para ilmuwan dan ekonomi, perubahan iklim akan memicu perubahan yang signifikan dalam penawaran tenaga kerja, permintaan energi, dan produksi pertanian. Dalam dunia bisnis dan keuangan, ini berarti portofolio investasi akan dipengaruhi secara besar-besaran.



Masa depan keuangan adalah welas asih, dan saat kami mempersiapkan transisi global menuju ekonomi rendah karbon, pembangunan berkelanjutan dan investasi cepat untuk kerangka kerja untuk bisnis. Investasi berkelanjutan adalah kolaborasi pendekatan ekonomi tradisional yang tetap bertujuan untuk mendapatkan hasil terbaik yang disesuaikan dengan risiko. Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik korporasi dengan melindungi dan memberi manfaat bagi kemanusiaan, masyarakat, dan lingkungan.

Baca Lebih Lanjut

“ Investasi Anda Membawa Perubahan Pada Dunia “