Tips Anti Gagal dan Efektif Mulai Bisnis dari Nol

Bisnis itu penuh tantangan? Mungkin ada benarnya. Tapi jangan karena hal tersebut, lantas anda merasa takut untuk memulainya. Sebab, pada dasarnya semua usaha memerlukan strategi khusus agar bisa menemui keberhasilan. Jika anda bisa memahami strategi ini dengan baik dan menerapkannya pada bisnis anda, maka peluang anda untuk menjadi pengusaha yang sukses akan semakin besar.

Tidak bisa dipungkiri, kalau menjadi pengusaha adalah salah satu cara cepat untuk menjadi kaya raya. Sebab, bisnis biasanya selalu memberikan keuntungan yang banyak, apalagi jika bisnis tersebut sudah menjadi besar. Namun tentunya, untuk membuat usaha anda menjadi besar bukanlah perkara yang mudah. Anda juga dituntut untuk bisa melakukan upaya yang besar dalam menjalaninya. Hal ini jugalah yang membuat orang mundur sebelum memulai usaha.

Besarnya modal yang diperlukan, perjuangan yang sulit, hasil yang kadang tidak menentu menjadi penyebab utama mengapa orang enggan memulai bisnis dari nol. Padahal sebagian besar pengusaha yang sudah besar saat ini, memulai usahanya dari kios-kios kecil dengan modal seadanya. Bahkan beberapa diantara mereka merintis usaha mereka dari nol.

Nah, bagi anda yang berniat ingin memulai usaha dan bergabung dengan para pengusaha sukses lainnya, berikut adalah beberapa tips yang bisa anda pelajari untuk membangun bisnis dari nol. Selamat membaca!

1. Lakukan Riset Produk

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum memulai usaha adalah menentukan jenis produk apa yang akan anda jual. Anda memerlukan riset dalam hal ini. Namun, sebaiknya pilihlah produk-produk atau jasa-jasa yang memang anda sukai atau hal itu memang adalah passion anda.

Dengan menjual hal yang anda suka, maka anda nanti akan lebih bersemangat dalam mengelola bisnis tersebut serta menghadapi berbagai rintangannya. Hal inilah yang akan membuat anda menjadi lebih cepat sukses.

2. Buatlah Visi dan Misi Serta Rencana yang Matang

Setelah berhasil menentukan produk apa yang akan anda jual, tips selanjutnya adalah membuat visi dan misi serta rencana yang matang.

Rencana, visi dan misi sangat berguna untuk menentukan gambaran serta tujuan yang ingin anda capai di masa depan. Dibuatnya tiga hal ini secara baik membuat anda lebih fokus dalam melangkah dan tetap di dalam jalur.

3. Selalu Mencatat Apapun

Tips agar usaha ada dapat berkembang dengan baik selanjutnya ada dengan rajin mencatat berbagai aktivitas usaha, mulai dari rincian produk, deskripsi produk, produk yang telah terjual, produk yang masuk, operasional, kegiatan hingga tantangan yang anda hadapi.

Manusia adalah tempatnya lupa, sehingga dengan mencatat aktivitas usaha anda, anda bisa melakukan evaluasi dengan lebih mudah. Ketika anda lupa, maka anda hanya perlu membuka catatan bisnis anda kembali. Dengan begini, perjalanan bisnis anda pun akan lebih terpantau.

4. Fokus Pada Satu Bisnis

Bagi anda yang ingin memulai usaha dari nol, maka sebaiknya lakukan satu bisnis saja terlebih dahulu. Sebab, usaha yang terlalu banyak dapat membagi fokus anda.

Namun, bukan berarti selamanya anda tidak boleh membuka lebih dari satu bisnis. Ketika bisnis pertama anda sudah tampak stabil, baik dari segi modal, SDM dan lain sebagainya. Maka, anda diperbolehkan untuk memulai bisnis yang baru.

5. Disiplin

Kunci sukses menjalankan bisnis dari nol selanjutnya adalah memiliki manajemen waktu yang baik serta disiplin dalam melaksanakannya. Namun, hal ini adalah salah satu hal yang cukup sulit dilakukan oleh para pelaku usaha yang baru merintis usahanya.

Banyak diantara mereka yang menganggap bahwa ketika usaha masih kecil, pengelolaan seperti ini belum terlalu diperlukan. Namun, kenyataannya kebiasaan buruk inilah yang membuat bisnis anda tidak berkembang. Ketika anda sudah terbiasa melakukan manajemen waktu yang baik dan anda juga disiplin dalam melaksanakannya, maka anda akan menjadi orang yang lebih produktif dari waktu ke waktu. Hal inilah yang membuat bisnis anda dapat bertumbuh.

6. Pengelolaan Keuangan

Tips memulai usaha dari nol selanjutnya adalah melakukan pengelolaan keuangan yang baik dan benar, meskipun modal usaha anda masih kecil.

Pengelolaan keuangan tidak hanya berlaku untuk para pengusaha besar. Justru, hal ini perlu dilakukan oleh para pebisnis pemula yang ingin usahanya cepat berkembang. Pengelolaan keuangan yang baik dan benar dapat membantu anda mengelola usaha dengan lebih mudah.

Oleh karena itu, latih diri anda untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dalam bisnis, baik transaksi ke luar maupun ke dalam.

7. Persiapkan Modal Usaha

Jangan takut untuk memulai usaha hanya karena anda tidak memiliki modal. Tidak semua usaha, harus dimulai dengan modal yang besar. 

Jika anda masih belum siap dengan modal, anda bisa memulai usaha dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Manfaatkan semua jenis promosi yang ada untuk memasarkan bisnis anda.

Untuk mempermudah urusan modal ini, terutama bagi anda para pengusaha kecil dan menengah, terdapat layanan urun dana berbasis ESG ( Environmental, Social, Governance) untuk mencapai tujuan pembiayaan berkelanjutan pada bisnis anda.

Danamart adalah platform pertama di Indonesia yang mempertemukan pemilik usaha, baik itu UMKM maupun startup dengan pemilik modal (investor). Danamart juga didukung oleh edukasi inklusif untuk para pengusaha agar bisa sukses dalam menjalankan bisnisnya. 

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id