Pentingnya Securities Crowdfunding untuk Terwujudnya Investasi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

Crowdfunding adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan modal melalui cara kolektif atau urun dana baik dari keluarga, teman, investor atau anggota keluarga. Metode ini akan memanfaatkan upaya kolektif dari beberapa individu berbasis internet tersebut dalam jejaring media sosial atau platform crowdfunding.

Saat ini, untuk memenuhi kebutuhan pendanaan jangka panjang, telah diperkenalkan Securities Crowdfunding (SCF). Dengan adanya SCF, investor dan pihak yang membutuhkan dana dapat dengan mudah dilayani melalui platform online (sistem aplikasi berbasis teknologi informasi). Investor akan memperoleh keuntungan berupa deviden atau bagi hasil dari keuntungan usaha yang dibagikan secara berkala.

Securities Crowdfunding yang baik adalah mengacu pada penedekatan ESG (Envinronment Social Governance) atau Lingkungan Sosial dan Tata Kelola. suatu standar perusahaan dalam praktik investasinya yang terdiri dari tiga konsep atau kriteria, yakni Environmental (Lingkungan), Social (Sosial) dan Governance (Tata Kelola Perusahaan).

Faktor Utama Dalam Penerapan Investasi Ramah Lingkungan dan Berkelanjutan

  1. Kriteria Lingkungan (Environment)

Lingkungan (Environment) adalah kriteria yang membahas tentang investor terhadap kinerja perusahaan dengan mempertimbangkan metode yang ramah lingkungan. Perusahaan berkomitmen untuk memenuhi kriteria bertujuan memberikan dampak positif untuk kepentingan perusahaan itu sendiri dan lingkungan. Perusahaan akan mencapai fase sustainable (berkelanjutan) dalam operasi bisnisnya apabila kondisi lingkungan baik dan mendukung.

  1. Kriteria Sosial (Social)

Faktor Sosial (Social) adalah kriteria yang membahas hubungan perusahaan dengan pihak eksternal. Sebagai contoh komunitas masyarakat, distributor, pembeli, media dan entitas lain yang memiliki hubungan secara langsung maupun tidak langsung merupakan faktor yang harus menjadi pertimbangan melalui kriteria Socia dalam ESG.

  1. Kriteria Tata Kelola Perusahaan (Governance)

Faktor Governance atau Tata Kelola Perusahaan membahas tentang aktivitas manajemen dan pemilik perusahaan. Faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan dalam kriteria ini seperti kebijakan perusahaan, standar perusahaan, budaya perusahaan, informasi, dan lain sebagainya.

Strategi yang Diperlukan Untuk Investasi Berkelanjutan Berbasis ESG

Investasi berkelanjutan memilih perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Lingkungan, Sosial dan Tata Kelola berdasarkan strategi terbaik di kelasnya (yang terbaik di sektor atau industri) membantu calon investor untuk memahami bahwa tidak semua perusahaan dianggap mendukung lingkungan dan sosial jelas merupakan perusahaan yang baik untuk menargetkan Investasi LST.

Perusahaan yang dapat mengintegrasikan faktor-faktor Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola dalam suatu perusahaan oleh manajer investasi untuk melakukan penyesuaian sebelum mengambil keputusan investasi. Manajer investasi sering mencoba menyesuaikan perkiraan penjualan dan biaya untuk mengintegrasikan faktor-faktor LST ke dalam perusahaan. Melalui penyesuaian tersebut akan diketahui apakah penilaian yang ditawarkan oleh perusahaan sudah memadai dan cukup menjanjikan atau tidak.

Harapannya investor dapat melihat syarat dan nilai dari dampak sosial dan lingkungan spesifik perusahaan. Sebelum berinvestasi di perusahaan yang menerapkan prinsip-prinsip LST, calon investor harus mengetahui terlebih dahulu apa pengaruh manajemen perusahaan dalam mengurangi polusi air dan udara. Setelah itu, pemilik ekuitas dapat berinvestasi di perusahaan yang hijau dan berkelanjutan melalui hutang atau pembelian saham.

Dengan mengetahui ulasan diatas. Maka penting untuk diperhatikan bagi investor khususnya dikalangan anak muda supaya sadar terhadap isu lingkungan perlu ditanggapi dan didukung secara serius agar kesadaran tersebut dapat berkembang dan diwariskan kepada generasi berikutnya.

Danamart merupakan penyedia layanan crowdfunding atau layanan investasi urun dana berbasis ESG (Environment Social Governance) pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/Startup) dan Pemilik Modal (investor), sekaligus didukung oleh edukasi inklusif dari Danamart Academy.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id