Product Knowledge: Pengertian dan Manfaatnya bagi Bisnis

Apa itu product knowledge? Dalam divisi penjualan dan marketing, Anda mungkin kerap mendapatkan atau mengajukan pertanyaan seputar produk yang tengah ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Jawaban yang diberikan oleh sales representative akan sangat mempengaruhi ketertarikan konsumen dan menentukan keputusan akhir.

Sebab itulah, diperlukan pengetahuan seputar produk yang baik. Mulai dari kegunaan, kelebihan dan kekurangan, target konsumen akhir (pengguna), bahan yang terkandung dalam produk (jika berupa produk makanan, minuman, kosmetik, dan sejenisnya), harga, dan juga perbedaannya dengan produk pesaing.

Dengan product knowledge yang baik, seseorang dapat menyampaikan informasi yang detail dan akurat pada pelanggan. Selain itu, product knowledge juga dapat digunakan sebagai salah satu jurus untuk memikat hati para pelanggan. Lalu, sebenarnya apa yang dimaksud dengan product knowledge? Nah, berikut ini pembahasannya!

Ilustrasi Product Knowledge
Image by storyset on Freepik

Pengertian Product Knowledge

Sederhananya product knowledge dapat diartikan sebagai pemahaman atas suatu produk milik perusahaan. Seorang marketing, sales, sales representative, customer support, customer service, dan staff-staff dalam bidang pelayanan dan penjualan tentunya harus menguasai product knowledge ini karena mereka adalah pihak-pihak yang terlibat langsung dengan pelanggan.

Informasi yang tepat, detail, dan akurat akan membuat calon konsumen jadi lebih yakin untuk membeli produk tersebut. Tim pemasaran pun juga harus pandai merangkai kata sehingga mereka mampu menjelaskan kelebihan dan keunikan produk dengan lebih baik, serta menyesuaikannya dengan kebutuhan konsumen.

Contohnya, di Dealer Motor seorang marketer/sales harus memiliki pengetahuan yang luas mengenai produk motor tersebut sehingga mereka mampu menjelaskan dan menjawab pertanyaan dari konsumen dengan mudah. Dengan begitu, minat konsumen akan semakin meningkat dan transaksi berlanjut hingga proses pembelian bahkan repeat order. Itulah beberapa ulasan mengenai pengertian product knowledge.

Cara Meningkatkan Product Knowledge

Jika Anda adalah seorang marketer/sales yang bertugas untuk merepresentasikan produk, Anda tentunya harus selalu meningkatkan pengetahuan seputar produk. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan pemahaman sebuah produk? Berikut ini tipsnya:

Cari Lebih Banyak Informasi

Jika Anda bekerja dalam sebuah perusahaan tertentu, Anda mungkin akan mendapatkan buku & katalog khusus seputar produk-produk perusahaan yang baru. Anda juga akan diikutkan seminar-seminar khusus untuk pengenalan produk. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk meningkatkan pemahaman Anda seputar produk.

Jangan ragu bertanya pada para senior apabila ada hal yang masih tidak Anda mengerti. Selain melalui buku dan seminar, Anda juga bisa mencari informasi seputar produk di internet jika produk tersebut adalah produk universal yang populer seperti kendaraan.

Program Pelatihan Berkala

Jika Anda adalah seorang manager marketing atau kepala bagian penjualan, Anda dapat melakukan program pelatihan berkala untuk staff-staff marketing. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kemampuan marketing dan juga pemahaman seputar produk para staf Anda!

Dengan begitu, informasi seputar produk dapat disampaikan dengan lebih baik dan tepat sasaran.

Memahami Karakteristik Produk

Agar penguasaan produk jadi lebih maksimal, Anda juga harus mampu memahami karakteristik utama dari produk yang ditawarkan. Mulai dari keunikannya, manfaat, serta nilai kepuasan produk. Pengertian product knowledge mencakup semua hal yang berhubungan dengan produk tersebut, jadi ruang lingkupnya sangat luas.

Diperlukan waktu yang tidak singkat agar seseorang bisa memahami karakteristik produk secara keseluruhan. Meskipun begitu, product knowledge ini menjadi kunci penting dalam menjabarkan, merepresentasikan, dan memperkenalkan produk ke masyarakat.

Berpikir Kreatif

Kreativitas adalah salah satu indikator penting yang untuk memaksimalkan product knowledge. Kreatifitas ini dapat diaplikasikan dalam bentuk penyampaian informasi ke konsumen, inovasi seputar produk, dan hal lainnya yang digunakan untuk mendorong brand awareness produk di mata masyarakat.

Menggunakan Media Pembantu

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan product knowledge, terutama ketika ingin memperkenalkan produk ke masyarakat luas adalah menggunakan media pembantu. Contohnya saja: pamphlet, brosur, katalog produk, video iklan (yang dapat ditayangkan di media sosial, internet, public space, dan lain sebagainya), hingga membuat file presentasi.

Bagaimana Cara Mengukur Product Knowledge Konsumen?

Konsumen yang pintar pastinya sudah mencari informasi yang diperlukan ketika hendak membeli sebuah produk. Mereka dapat menggali informasi seputar produk melalui internet, brosur, atau katalog produk perusahaan. Biasanya mereka melakukan hal ini untuk memastikan produk yang akan dibeli sesuai dengan harapan.

Untuk menghadapi konsumen tipe ini, Anda harus mampu mengimbangi product knowledge yang telah mereka miliki dan meyakinkannya untuk membeli produk tersebut. Konsumen tipe ini biasanya lebih aktif bertanya karena mereka memiliki dasar pengetahuan produk yang cukup kuat. Jadi, Anda juga harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dengan baik dan tepat.

Namun, ada juga konsumen yang sama sekali belum mengenal produk yang tengah ditawarkan. Sebagai seorang marketer/sales/pemilik, Anda memiliki tugas untuk memperkenalkan produk tersebut ke konsumen dengan cara yang menyenangkan dan tidak membosankan. 

Dengan begitu, konsumen yang tidak ingin membeli produk/jasa pun jadi tertarik untuk membelinya. Secara umum, Anda dapat mengukur pengetahuan pembeli seputar produk menggunakan beberapa metode seperti: Subjective atau self assessed knowledge, Objective atau actual knowledge, dan Experience-based knowledge.

Untuk melakukannya Anda dapat berinteraksi dengan konsumen tersebut atau membuat sebuah kuesioner singkat. Dengan begitu, Anda akan lebih memahami karakteristik konsumen dan menemukan strategi yang tepat untuk promosi.

Manfaat Product Knowledge

Setelah membahas mengenai pengertian, cara meningkatkan product knowledge dan cara mengukur tingkat pemahaman produk konsumen. Mari kita bahas mengenai manfaat product knowledge, berikut ini diantaranya:

Meningkatkan Komunikasi yang Interaktif

Pengetahuan yang luas seputar produk akan meningkatkan kemampuan komunikasi yang interaktif dengan pelanggan. Bayangkan saja, jika seorang sales tidak punya pengetahuan yang cukup tentang produk yang dijualnya. Ia tidak akan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari konsumen dengan baik, ia juga tidak punya ide/topik bahasan, dan tidak mampu memancing terciptanya komunikasi yang interaktif.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri adalah faktor penting yang harus ditonjolkan ketika ingin mempromosikan sebuah produk. Hal ini akan sangat mempengaruhi tingkat kepercayaan konsumen. Bagaimana mungkin Anda bisa meyakinkan konsumen jika Anda sendiri masih belum yakin dengan produk tersebut!

Product knowledge yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri seseorang ketika tengah menjual sebuah produk. Dengan kepercayaan diri yang tinggi, mereka juga dapat menjual produk tersebut dengan lebih maksimal ke konsumen akhir.

Menjadi Indikator Penentu Strategi Promosi

Setiap promosi yang dilakukan oleh perusahaan harus disesuaikan dengan karakteristik produk yang dimiliki sehingga strategi yang ditetapkan lebih tepat sasaran. Product knowledge yang baik dapat digunakan sebagai penentu strategi penjualan yang akan diterapkan oleh perusahaan.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan adanya product knowledge yang baik. Sekian pembahasan mengenai pengertian product knowledge kali ini, semoga informasi diatas bermanfaat ya!

Jika Anda membutuhkan informasi seputar platform yang mampu mempertemukan investor dengan perusahaan yang membutuhkan modal, Anda dapat mengaksesnya di website resmi Danamart!

Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/Startup) dan Pemilik Modal (Investor), sekaligus didukung oleh edukasi inklusif dari Danamart Academy.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id