3 Macam Model Bisnis yang Sering Digunakan dalam Kegiatan Usaha

sumber: KamranAydinov on Freepik

Halo, Sobat Danamart!

Kamu pasti pernah menonton pertandingan bola atau film di aplikasi seperti Vidio dan Mola TV, menyewa lapangan futsal untuk seru-seruan bareng teman kantor, maupun belanja baju keren dan murah-meriah dengan cara thrifting. Namun, tahukah kamu bahwa hal-hal tersebut bisa dilakukan karena adanya sebuah model bisnis?

Pengertian Model Bisnis

Yaitu cara perusahaan memperoleh pendapatan dengan menghadirkan produk atau layanan dengan keunggulan yang tidak dimiliki perusahaan lain untuk menarik minat konsumen. Tidak hanya memikirkan cara meraih pendapatan, tetapi menyusun model bisnis juga mengatur beberapa hal yang membuat biaya produksi yang dikeluarkan benar-benar efektif dan tidak memberatkan perusahaan, sebagai berikut:

  • Desain produk atau layanan yang ditawarkan
  • Target pasar
  • Biaya-biaya yang dikeluarkan dalam operasi bisnis (contoh: produksi, pemasaran, penjualan, dan pengurusan izin)

Jenis-jenis Model Bisnis

Berikut adalah empat jenis model bisnis yang paling terkenal karena banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

1. Langganan

Menghasilkan keuntungan dari pembayaran rutin oleh konsumen untuk mengakses sebuah layanan atau produk. Misalnya, biaya langganan bulanan yang harus kamu bayar untuk menonton film di Netflix, liga Inggris di Vidio, Mola TV, biaya langganan WiFi, dan sebagainya.

2. Reseller

Menghasilkan keuntungan dengan menjual produk dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli untuk menutupi biaya pengiriman barang dan lain-lainnya. Contohnya adalah bisnis penjualan baju impor di sejumlah tempat belanja barang fashion.

3. Penyewaan

Seperti namanya, model bisnis ini menghasilkan keuntungan dari biaya sewa barang milik perusahaan dengan memperhitungkan kemungkinan jumlah biaya yang perlu dikeluarkan jika terjadi kerusakan karena kesalahan penyewa. Contohnya adalah penyewaan lapangan futsal, sewa kamera, sewa ruko untuk usaha, dan lain-lain.

Berikut adalah beberapa model bisnis yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Apakah model bisnis yang kamu gunakan sudah tepat? Bagaimana cara menentukan model bisnis yang sesuai dengan tujuan penciptaan produk atau layanan buatan perusahaan? Temukan jawabannya di Modul Inovasi Bisnis Danamart Academy di academy.danamart.id.

Punya bisnis dengan rencana berkelanjutan dan ingin dikembangkan dengan dukungan modal dari Danamart? Yuk, buka danamart.id dan pelajari lebih lanjut!


Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran efek berbasis ekuitas dan efek berbasis utang secara online dalam satu platform.

Referensi

https://www.investopedia.com/terms/b/businessmodel.asp

https://online.hbs.edu/blog/post/types-of-business-models

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id