Mengapa ESG Penting dalam Investasi?

sumber: redgreystock on Freepik

Saham-saham berbasis ESG dikabarkan telah memberikan return atau hasil sebanyak 63%. Tidak hanya itu, dua tahun lagi, 50% aset di dunia dikabarkan akan diisi aset berbasis ESG. Sebenarnya, apa itu ESG dan apa pentingnya dalam investasi? Yuk, ikuti penjelasan-penjelasan di bawah ini!

Apa Itu ESG?

ESG merupakan tolak ukur untuk menilai komitmen dan kinerja keberlanjutan perusahaan dalam praktik bisnis dan investasi dalam pelestarian lingkungan (Environmental), penghargaan terhadap hak masyarakat (Social), dan kualitas tata kelola (Governance). Dengan kata lain, konsep ESG menjelaskan bagaimana perusahaan juga berupaya untuk melestarikan lingkungan, menjaga hubungan yang menghargai semua orang yang terlibat dalam proses bisnis, dan membangun tata kelolanya.

Mengapa Lingkungan, Masyarakat, dan Tata Kelola Penting dalam Investasi?

Lingkungan

Rusaknya kondisi lingkungan tempat perusahaan berdiri dan mendapatkan bahan baku dapat mengancam keberlangsungan bisnis dan pada akhirnya, menurunkan pendapatan secara drastis. Misalnya, kekeringan yang mengurangi suplai air, banjir yang merusak hasil pertanian dan menghambat distribusi bahan baku dan hasil produksi, dan pencemaran yang menurunkan kualitas air, menyebabkan bahan baku menjadi langka, dan bahkan dapat menimbulkan masalah hukum.

Sosial

Untuk dapat terus dipercaya oleh konsumen dan bisa terus menghasilkan penjualan, perusahaan perlu menjaga reputasi dengan perlakuan yang memenuhi hak dasar pekerja dan pemasok bahan baku sebagai manusia. Minat konsumen pada masa kini juga dipengaruhi oleh perlakuan perusahaan terhadap pekerja, pemasok bahan baku, dan masyarakat secara umum.

Tata Kelola

Investor akan lebih mudah memercayakan pertumbuhan uangnya pada perusahaan dengan tata kelola yang tangguh karena adanya transparansi informasi terkait bisnis, terutama pemasukan dan penggunaan keuangan perusahaan, standar operasional (SOP) yang tegas dan jelas, kepatuhan terhadap peraturan hukum dan SOP, serta rencana manajemen risiko. Misalnya, upaya untuk meminimalkan dampak konflik kepentingan perusahaan secara internal maupun dengan pihak eksternal terhadap kelangsungan proses bisnis.

Berikut adalah alasan mengapa ESG penting dalam investasi untuk keberlangsungan pertumbuhan keuangan. Daftar di danamart.id dan nantikan peluang investasi berkelanjutan yang akan hadir sebulan lagi!


Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran efek berbasis ekuitas dan efek berbasis utang secara online dalam satu platform.

Referensi

https://www.perillon.com/blog/esg-statistics#:~:text=ESG%20offers%20numerous%20benefits%2C%20including,ESG%20is%20here%20to%20stay.

https://www.esgi.ai/apa-itu-esg/

https://www.uii.ac.id/investasi-yang-peduli-kelestarian-lingkungan/

https://www.ojk.go.id/keuanganberkelanjutan/Uploads/content/single/Content_22022510273165.pdf

https://crmsindonesia.org/publications/peran-penting-esg-dalam-investasi-berkelanjutan-perusahaan/

https://trinidadlaw.com/good-corporate-governance-matters-when-investing/:~:text=Good%20corporate%20governance%20therefore%20helps,term%20investment%20opportunities%20for%20investors.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id