Menabung Saham Dengan Gaji UMR? Ini Caranya!

Source : Pixabay

Ingin menabung saham dengan gaji UMR, bisakah? Tentu saja bisa! Metode DCA salah satu solusinya”

Pasti ada banyak pertanyaan tentang bisakah menabung saham dengan gaji UMR? Karena, tidak sedikit dari kita yang memang masih kurang beruntung dalam segi finansial. Bahkan, boleh dikatakan masih dalam tahapan kekurangan pemasukan. Tapi, gaji pas-pasan alias UMR ini tidak menyurutkan seseorang untuk berinvestasi.

Salah satu investasi masa depan yang paling banyak kita gunakan saat ini adalah menabung saham. Sayangnya, menabung saham tidak akan membuat kita kaya mendadak hanya dalam 1-2 bulan apalagi hitungan hari. Dan ketika anda ingin mendapatkan keuntungan lebih banyak. Maka, anda harus memiliki modal yang banyak juga. Lantas, bagaimana caranya anda bisa menabung dengan gaji UMR ini?

Stimulasi Menabung Saham Dengan Gaji UMR

Jika anda ingin menabung saham dengan gaji UMR maka ada salah satu skema menarik untuk anda coba. Yang harus anda pastikan dari metode DCA ini adalah:

  • Pastikan anda berinvestasi pada saham perusahaan yang baik. Cara sederhananya adalah membeli saham perusahaan yang produknya anda kenal. Atau bahkan anda menggunakan produk mereka. Jadi, anda bisa yakin perusahaan tersebut akan bertahan dan berkembang lebih lama.
  • Konsisten! Anda harus menyisihkan gaji anda secara konsisten. Cobalah buat target seberapa lama anda akan menabung saham ini? Minimal 6 bulan agar hasilnya bisa anda nikmati nanti ya gais. Misalnya anda berniat sisihkan 30% gaji di awal gajian untuk beli saham. Berapapun harga saham saat bulan itu beli sebanyak gaji yang anda sisihkan ini.

Bagaimana Metode DCA Bisa Memberikan Keuntungan Bagi Anda?

DCA ini adalah Dollar Cost Averaging. Ini adalah metode ketika anda ingin menabung saham dengan gaji UMR namun secara konsisten. Bisa setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan. Tapi, agar lebih mudah gunakan saja nabung rutin per bulan.

Jika anda rutin menabung setiap bulan. Misalnya 200 ribu sampai 1 juta sebulan. Darimana keuntungan yang bisa anda peroleh? Ada beberapa keuntungan dari metode DCA saham ini, yakni:

  • Capital Gain : jika anda beli saham secara rutin dan memang berasal dari perusahaan baik. Perusahaan baik ini adalah perusahaan yang anda yakini akan terus berkembang dan produk mereka akan selalu digunakan oleh masyarakat. Nah, dalam waktu tertentu misalnya dalam 1 tahun. Biasanya dalam satu tahun akan ada keuntungan minimal 10% dari modal awal. Anda bisa jual kembali saham anda jika harganya jauh lebih tinggi. Nah, untung juga bukan? Atau, anda bisa lihat keuntungan selanjutnya.
  • Dividen : Jika anda memiliki saham di sebuah perusahaan namun anda tidak menjualnya selama kurun waktu tertentu. Maka, anda termasuk ke dalam daftar pemilik saham yang berhak atas keuntungan atau profit dari perusahaan tersebut. Ini adalah keuntungan bagi hasil. Setelah pembagian dividen berlangsung dan anda ingin jual saham anda? Bisa saja. Namun, ada jenis keuntungan ketiga loh.
  • Anda bisa menyimpan saham anda lebih lama misalnya 5-10 tahun lebih lama. Nanti biasanya saham akan melonjak hingga lebih dari 100% dari harga awal anda membelinya. Tapi, pastikan anda memilih perusahaan yang bagus ya! Jika tidak ya harganya menurun tajam dan anda akan kehilangan banyak modal bahkan minus.

Sebagai contoh, lihat harga saham bank Mandiri dari beberapa tahun berikut:

Bukankah ada peningkatan? Namun anda harus sabar dan memilih perusahaan yang tepat ya gais! Jadi, jangan ada lagi pertanyaan bisakah menabung saham dengan gaji UMR. Yuk menabung mulai dari sekarang.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id