Kriteria Investasi Berkelanjutan yang Memberi Keberlanjutan Pertumbuhan Uang

Menurut data World Economic Forum pada 2022, investasi berkelanjutan akan semakin menjadi tren. Perusahaan semakin didorong untuk memberikan informasi transparan tentang dampak bisnis mereka terhadap lingkungan dan sosial, serta membuat rencana keberlanjutan untuk memberikan dampak baik bagi Bumi dan manusia. Hal tersebut didukung dengan peningkatan jumlah investasi berkelanjutan dari USD30,7 triliun ke USD35,3 triliun secara global pada 2020.

Persebaran Aset Investasi Berkelanjutan Secara Global. Sumber: Global Sustainable Investment Review 2020 dalam World Economic Forum (2022)

Apa itu investasi berkelanjutan? Dan, apa saja kriteria yang harus kamu perhatikan dalam memilih peluang investasi berkelanjutan? Simak dua bagian di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Apa Itu Investasi Berkelanjutan?

Berbeda dari penanaman modal pada umumnya yang hanya berfokus pada keuntungan, investasi berkelanjutan adalah penanaman modal yang dilakukan dengan mempertimbangkan dampak kegiatan dan tata kelola bisnis suatu perusahaan terhadap lingkungan dan masyarakat sesuai prinsip ESG demi keberlangsungan perekonomian dan kehidupan di Bumi. Jika kamu belum familiar dengan ESG, silakan cek artikel berikut: Apa Itu ESG?

Maka, investasi berkelanjutan tidak hanya mempertimbangkan nilai tanggung jawab sosial (CSR) perusahaan, tetapi juga bagaimana mereka mengikutkan dampak lingkungan dan sosial dalam model bisnis dan praktik operasionalnya.

Kriteria Investasi dengan Prospek Pertumbuhan Berkelanjutan

Lingkungan

Aspek lingkungan menaruh perhatian terhadap alokasi sumber daya, upaya pengurangan emisi gas beracun, dan upaya penghematan energi dalam pembuatan inovasi di perusahaan. Lingkungan merupakan hal vital dalam operasional bisnis karena, jika perusahaan merusaknya dengan polusi dari proses bisnis, perusahaan dapat mengalami kesulitan untuk mendapatkan sumber daya alam sebagai bahan baku. Misalnya, kekeringan yang menyebabkan kesulitan untuk mendapatkan air yang pernah diulas dalam artikel ini.

Sosial

Berbeda dari aspek lingkungan, aspek sosial berfokus pada bagaimana perusahaan menjaga hubungan baiknya dengan masyarakat sekitar dengan menerapkan etika hubungan antarmanusia dalam praktik bisnis. Termasuk dalam aspek ini adalah kelayakan upah pekerja sesuai biaya hidup minimum, perlindungan hukum untuk pekerja, peran perusahaan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tanggung jawab perusahaan terhadap dampak produk atau layanannya kepada masyarakat, dan donasi perusahaan untuk berbagai masalah sosial.

Kinerja Ekonomi

Sesuai namanya, aspek ini melihat kesehatan keuangan perusahaan yang dinilai dari pendapatan per bulan yang dibandingkan dengan pengeluarannya, porsi keuntungan untuk investor, nilai saham perusahaan, dan hasil investasi saham maupun obligasi yang dilakukan terhadap perusahaan tersebut.

Risiko Pasar

Berupa kemampuan perusahaan untuk menjaga kesehatan bisnisnya secara keuangan dari ancaman inflasi, perubahan nilai tukar mata uang asing, harga bahan bakar, danperubahan suku bunga bank sentral maupun internasional.

Kinerja Tata Kelola

Yaitu bagaimana manajemen mampu menjalankan perusahaan dengan kejujuran atau transparansi, sikap objektif, dan kepatuhan terhadap hukum yang berlaku. Misalnya, upaya minimalisasi korupsi, tindakan kepatuhan terhadap hukum, gaji dan kompensasi yang sesuai untuk para eksekutif, sikap anti diskriminasi dalam lingkungan kerja, dan laporan tentang kinerja keberlanjutan perusahaan.

Berikut adalah lima kriteria yang harus kamu perhatikan untuk menilai apakah sebuah investasi bersifat berkelanjutan atau tidak. Di Danamart, peluang investasi berkelanjutan akan segera hadir di bulan April 2023 dengan kualitas baik yang terpilih melalui seleksi ketat sesuai prinsip ESG. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan bunga sampai dengan 18%. Yuk, kunjungi dan daftarkan dirimu dengan cara klik Masuk di danamart.id!


Danamart merupakan penyelenggara securities crowdfunding atau layanan urun dana berbasis teknologi pertama di Indonesia yang berfokus dalam penerapan keberlanjutan sesuai prinsip ESG dalam praktik bisnis dan investasi. Danamart mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran saham dan obligasi secara online dalam satu platform.

Referensi

https://www.weforum.org/agenda/2022/02/sustainable-investing-esg-finance-future-norm

https://kehati.or.id/investasi-berkelanjutan-hijau-dan-berdampak/#:~:text=Investasi%20berkelanjutan%2C%20adalah%20proses%20investasi,dan%20keberhidupan%20di%20Planet%20Bumi.

Tseng, M.L, Tan, P.A., et al. (2019). Sustainable Investment: Interrelated among Corporate Governance, Economic Performance and Market Risks Using Investor Preference Approach. Sustainability 2019, 11, 2108. https://doi:10.3390/su11072108

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id