Investasi Saham vs Trading Saham, Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Source: Pexel

“Salah satu cara paling bagus mendapatkan keuntungan dari modal yang anda miliki adalah terjun ke pasar saham. Namun, mana yang akan anda pilih? Investasi saham vs trading saham?”

Antara Investasi saham vs trading saham ada beberapa kesamaan dan perbedaan. Nantinya, plus dan minus antara dua cara mendapatkan uang dari dunia saham ini akan membuat anda bisa memilih salah satunya.  Atau mungkin menggunakan kedua cara tersebut secara bersamaan.

Sebab, tidak semua orang punya kebutuhan sama. Tidak semua orang juga bisa menerima resiko ketika terjun di dalam investasi maupun trading saham. Dan hal yang harus anda ketahui adalah dua jenis metode ini sama-sama beresiko. Namun, anda harus tahu apa perbedaannya agar bisa memilih mana yang lebih cocok untuk anda gunakan.

Perbedaan Investasi Saham vs Trading Saham

Anda harus tahu jika kedua cara ini memang akan memberikan profit atau keuntungan. Hanya saja, ada perbedaan dari jenis resiko yang anda terima, keuntungan hingga jangka waktu.

Pertama, mari kita bahas tentang investasi saham. Investasi berarti anda akan menanamkan modal. Tujuannya hanya satu, yakni mendapatkan keuntungan nantinya. Caranya bagaimana? Tentu dengan selisih harga beli dan harga jual saham tersebut. Saham ini sendiri adalah bukti kepemilikan atas modal dari suatu bisnis. Jika anda membeli saham sebanyak 20% dari total jumlah saham di salah satu perusahaan. Maka anda memiliki hak atas 20% aset perusahaan tersebut.

Selama anda memiliki saham atas salah satu perusahaan maka anda berhak atas keuntungan bagi hasil. Jumlah bagi hasil ini tentu sudah akan anda ketahui saat awal menjadi investor. Dan selain keuntungan bagi hasil. Anda juga akan mendapatkan keuntungan jika menjual kembali saham anda tersebut.

Lantas, bagaimana dengan trader saham? Yang namanya trading, maka anda harus mengikuti fluktuasi harga saham. Pasar saham juga sangat fluktuatif. Sehingga investor saham tidak disarankan selalu mengecek harga setiap saat. Karena, harganya akan cenderung berfluktuasi. Berbeda dengan para trader. Mereka harus selalu mengecek harga saham secara berkala.

Karena mereka akan dapat keuntungan dari fluktuasi harga ini. Jika anda ingin menjadi seorang trader saham. Maka anda harus mempelajari banyak analisis terutama analisis teknikal. Jika anda jago dan bisa mengetahui kemana arah pergerakan kurva harga saham. Maka anda akan mendapatkan banyak keuntungan.

Mana Yang Lebih Menguntungkan?

Apakah anda sudah tahu mana yang lebih menguntungkan antara investasi saham vs trading saham? Jawabannya tentu akan berbeda dari satu orang ke orang lainnya. Inilah mengapa di awal pembahasan sudah kita sebutkan jika dua cara ini bisa anda pilih sesuai kebutuhan, yakni:

  • Jika anda butuh profit dalam jangka panjang dan lebih aman maka anda bisa gunakan metode investasi saham. Tapi, dengan catatan anda harus bisa melakukan riset. Apakah perusahaan yang anda beli sahamnya memiliki kredibilitas bagus?
  • Namun, jika anda butuh profit jangka pendek, maka anda bisa gunakan metode trading saham. Tapi, ingat resiko trading juga lumayan besar. Salah memperkirakan harga saham dan salah mengambil keputusan bisa berdampak pada kerugian.
  • Kemudian, bagaimana dengan jumlah keuntungan yang anda targetkan? Jika hanya minimal 15% per tahun. Maka anda bisa gunakan cara investasi saham. Atau, jika ingin 15% per bulan maka anda harus belajar trading saham.

Harusnya, ketika anda sudah tahu perbedaan antara Investasi saham vs Trading saham ini. Maka, anda bisa tahu mana yang cocok untuk anda, bukan?

“Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/Startup) dan Pemilik Modal (Investor), sekaligus didukung oleh edukasi inklusif dari Danamart Academy”

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id