Tahun Ini, Indonesia Terancam Rugi Karena Perubahan Iklim

sumber: mohamed_hassan on Pixabay

Halo, Sobat Danamart!

Beberapa hari lalu, Danamart sempat membahas kalau perubahan iklim bisa memperlambat pertumbuhan ekonomi, seperti yang dibahas dalam artikel ini. Ternyata, tidak hanya memperlambat pertumbuhan, perubahan iklim bisa merugikan perekonomian negara juga, lho!

Hal tersebut terancam terjadi pada Jerman dengan kerugian sebesar Rp147.000 triliun atau 147 kuadriliun rupiah karena banjir, cuaca ekstrem, dan kekeringan yang menyebabkan rusaknya hasil pertanian, terganggunya penggunaan transportasi, dan masalah kesehatan manusia. Lalu, bagaimana dengan negara kita?

Prediksi Kerugian Ekonomi Indonesia Karena Perubahan Iklim

Akibat bencana, seperti kekeringan, banjir, badai, dan kenaikan tinggi permukaan laut, Indonesia berpotensi rugi sebesar Rp 112,2 triliun pada tahun 2023. Hal ini, menurut Menteri Keuangan Republik Indonesia, dapat terjadi karena bencana-bencana tersebut menyebabkan gangguan pada rantai pasokan komoditas di dalam negeri maupun secara global.

Bahkan, jika dirunut dari 2020 sampai 2024, ekonomi kita terancam merugi hingga Rp 544 triliun, dengan detail sebagai berikut:

  • Sektor pesisir dan laut: Rp 408 triliun
  • Air: Rp 28 triliun
  • Pertanian: Rp 78 triliun
  • Kesehatan: Rp 31 triliun

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling rentan terhadap dampak perubahan iklim, seperti kenaikan suhu global, peningkatan intensitas dan frekuensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kekeringan, dan naiknya permukaan laut.

Apa yang Akan Terjadi?

Dampaknya tidak main-main, mulai dari berkurangnya ketersediaan air, menurunnya produksi beras, hingga bertambahnya kasus demam berdarah. Oleh karena itu, pemerintah sendiri sudah menjadikan pembangunan hijau, khususnya ekonomi hijau, sebagai prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Apa yang Bisa Saya Lakukan?

Kamu pun bisa turut serta mengatasi dampak bahaya dari krisis lingkungan dan ekonomi akibat perubahan iklim dengan mengembangkan maupun mendukung proyek berkelanjutan. Di Danamart, semua proyek terkait keberlanjutan, khususnya yang sejalan dengan isi 17 SDGs, didukung penuh dengan insentif khusus. Pelajari lebih lanjut dan mulai langkahmu di danamart.id!


Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran efek berbasis ekuitas dan efek berbasis utang secara online dalam satu platform.

Referensi

https://ekonomi.bisnis.com/read/20230307/620/1634628/jerman-diproyeksi-rugi-rp147-kuadriliun-hingga-2050-akibat-perubahan-iklim

https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/Ancaman-Krisis-Iklim-Dapat-Lebih-Luas-Dari-Pandemi

https://investor.id/business/277246/20202024-potensi-kerugian-indonesia-akibat-perubahan-iklim-rp-544-triliun

https://ekon.go.id/publikasi/detail/4916/terapkan-ekonomi-hijau-pemerintah-dorong-pelaku-industri-melakukan-pembangunan-berkelanjutan

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id