Danamart Academy Memperkenalkan Securities Crowdfunding Sebagai Bentuk Keuangan Berkelanjutan

Pengenalan Securities Crowdfunding

Pada hari Selasa, 8 November 2022 kemarin, Danamart Academy berkesempatan menyampaikan kuliah tamu tentang securities crowdfunding di Vokasi Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. Acara ini diikuti oleh mahasiswa dari dua kelas Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan.

Beserta Tim Prodi Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI

Terlepas dari semakin mudahnya akses terhadap layanan perbankan dan keuangan karena kemajuan teknologi, masih ada pihak yang belum bisa merasakan manfaat dari kemudahan tersebut, misalnya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan investor retail dengan kesulitan dalam menyisihkan dana untuk investasi karena keterbatasan penghasilan.

Masalah tersebut mendorong Danamart Academy untuk mendukung upaya memperluas akses keuangan, salah satunya melalui pengenalan tentang securities crowdfunding yang memungkinkan dukungan finansial untuk UMKM dari masyarakat luas. Dalam pemaparannya, CEO Danamart, Patrick Gunadi, mengatakan bahwa seharusnya, keuangan tidak hanya hadir untuk keuntungan pribadi, tetapi juga untuk keuntungan bersama.

Fakta Menarik: Securities Crowdfunding Baru Ada di Indonesia

Dilihat dari praktik crowdfunding di sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, India, dan Tiongkok, Indonesia adalah negara pertama yang mengimplementasikan securities crowdfunding dalam pemberian dukungan finansial untuk UMKM melalui pengumpulan dana atau ‘patungan’. Sebetulnya, keempat negara tersebut sudah mengenal dan mengembangkan equity crowdfunding yang menawarkan efek berbasis ekuitas atau saham.

Namun, dalam securities crowdfunding, investor memiliki opsi yang lebih luas dengan ditawarkannya efek berbasis utang dan sukuk yang berbasis syariah. Didukung dengan budaya gotong royong bangsa Indonesia yang bisa menjadi modal sosial, Danamart Academy berupaya untuk menjadikan keuangan bisa diakses untuk kemajuan bersama, khususnya kemajuan ekonomi, sekaligus melestarikan lingkungan.

Penutup

Acara ini ditutup oleh presentasi tentang mekanisme securities crowdfunding di Indonesia berdasarkan POJK 57/2020.

Pemaparan Mekanisme Securities Crowdfunding

Dengan sesi kuliah tamu dan antusiasme mahasiswa yang ditunjukkan melalui pertanyaan-pertanyaan yang penuh ide dan semangat, Danamart Academy berharap bahwa, di masa depan, keuangan berkelanjutan bukan lagi sesuatu yang asing, melainkan bagian tak terpisahkan dari pertumbuhan keuangan dan usaha di Indonesia.

Bersama Pengajar & Mahasiswa Administrasi Keuangan dan Perbankan Vokasi UI

Tertarik untuk mengenal securities crowdfunding lebih lanjut? Klik di sini untuk download dan belajar seluk-beluk securities crowdfunding secara gratis!

Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/Startup) dan Pemilik Modal (Investor), sekaligus didukung oleh edukasi inklusif dari Danamart Academy.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id