3 Cara Menahan Nafsu Belanja Selama Bulan Puasa

sumber: freepik

Halo, Sobat Danamart!

Menahan nafsu selama berpuasa di bulan suci Ramadhan bukan hanya tentang nafsu makan, melainkan juga nafsu duniawi lainnya seperti keinginan belanja. Apalagi, puasa tahun ini jatuh di tanggal yang sama dengan hari libur nasional dan memperbanyak waktu kosong yang menimbulkan bosan dan memancing keinginan belanja untuk mengisi waktu. Lalu, bagaimana cara menahan keinginan untuk berbelanja selama puasa, baik secara offline maupun online? Ada tiga tips mudah yang bisa kamu lakukan untuk tetap hemat di saat penat menunggu waktu berbuka.

Cara-cara Menahan Nafsu Belanja Selama Puasa

1. Rencanakan menu sahur dan buka puasa

Kamu bisa membuat daftar belanja bahan makanan yang dibutuhkan untuk membuat menu yang diinginkan. Dengan demikian, kamu bisa mengurangi kemungkinan untuk membeli barang yang terlihat menarik untuk sesaat, namun sebenarnya tidak dibutuhkan, karena kamu sudah tahu harus mencari apa saat berbelanja.

2. Sibukkan pikiran dengan beribadah dan memperdalam keterampilan

Bulan Ramadhan adalah saat yang sangat tepat untuk menyucikan diri dan mencari ilmu. Bulan ini adalah waktu yang sangat tepat untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa agar tetap dikuatkan untuk menjalankan pengendalian diri dari segala nafsu. Sementara, mencari ilmu adalah kewajiban setiap umat Muslim (HR al-Bukhari). Untuk itu, kamu bisa memilih media belajar yang terasa lebih ringan dengan tampilan menarik untuk mencegah kantuk karena bosan belajar. Misalnya, menyimak video pembelajaran dari YouTube atau belajar Model Inovasi Bisnis untuk kembangin bisnis kamu dengan modul yang tampilannya menarik dan interaktif dari Danamart Academy.

3. Perbanyaklah bersedekah

Di bulan penuh berkah ini, jadikanlah berkah penghasilan yang kamu miliki sebagai sumber berkah dalam kehidupan sesama yang membutuhkan. Selain menyumbangkan uang untuk donasi kemanusiaan dan sedekah masjid, kamu juga bisa mulai menjajal investasi dengan manfaat berkelanjutan. Selain memberikan pertumbuhan keuangan, investasi seperti ini juga turut melestarikan alam dan meningkatkan kualitas kehidupan manusia.

Sebentar lagi, Danamart bakal menghadirkan peluang investasi bermanfaat yang bisa kamu ikuti di April 2023. Yuk, gabung sekarang di danamart.id dan jangan sampai kelewatan kesempatan berharga untuk ikut jaga kelestarian Bumi dan bikin kehidupan jadi lebih baik dengan keuntungan investasimu!


Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran efek berbasis ekuitas dan efek berbasis utang secara online dalam satu platform.

Referensi

https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20573

https://jabar.kemenag.go.id/portal/read/keistimewaan-bulan-ramadhan-dibandingkan-bulan-lainnya

https://iainkudus.ac.id/berita-57649-ramadhan-bulan-penuh-berkah.html

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id