6 Cara Bikin Inovasi Bisnis yang Bisa Menguntungkan

sumber: jarmoluk on Pixabay

Apa Itu Inovasi?

Halo, Sobat Danamart! Pernah mendengar istilah ‘inovasi’?

Inovasi adalah cara baru yang lebih mudah untuk melakukan berbagai aktivitas, biasanya didukung kecanggihan teknologi. Dalam berbisnis, ‘baru’ saja tidak cukup. Hal ‘baru’ tersebut harus memiliki potensi keuntungan atau dapat menguntungkan. Bagaimana caranya agar inovasi kita bisa terus menguntungkan? Yuk, simak enam cara membuat inovasi yang bisa menguntungkan di bawah ini!

Cara Membuat Inovasi yang Bisa Menguntungkan

Ciptakan budaya kerja yang mendukung inovasi

Ciptakan lingkungan kerja yang mendukung komunikasi terbuka, termasuk kesempatan bagi anggota tim untuk mengkritik pimpinannya. Selain itu, kamu juga perlu objektif dalam memberikan kesempatan karir dengan berdasarkan keterampilan, sikap kerja, dan kebutuhan untuk pengembangan bisnis.

Jangan takut memulai

Cobalah untuk menghadirkan solusi untuk menyelesaikan masalah atau memenuhi kebutuhan yang belom pernah dihadirkan oleh kompetitor. Namun, kamu perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk memprediksi apakah pasarmu kira-kira dapat menerima dan menggunakan cara tersebut atau tidak.

Libatkan Konsumen

Konsumen adalah calon penerima dan pengguna inovasimu. Melibatkan konsumen dalam berinovasi berarti kamu menganggap bahwa konsumen adalah ‘orang penting’ yang pendapat dan keinginannya diperlukan dalam membuat dan mengembangkan produk. Ada tiga cara untuk melakukan hal tersebut:

  1. Polling atau survei melalui media sosial.
  1. Kumpulkan pendapat dari warganet atau pengguna media sosial
  1. Uji prototipe atau contoh produk yang pertama dibuat 

Jalankan dan kelola prosesnya dari awal hingga akhir

Pastikan bahwa ide yang tercipta dan disepakati sudah sesuai dengan model bisnis. Buatlah strategi pembuatan inovasi dengan target penyelesaian yang sesuai kemampuan tim dan perusahaan secara keseluruhan. Pastikan bahwa kritik dan masukan dari konsumen dapat ditampung dan dijalankan sesuai tujuan produk dan kemampuan perusahaan.

Buka pikiran untuk ide-ide baru

Yaitu kesediaan untuk memahami ide-ide baru sebelum memutuskan untuk menerima atau menolaknya dengan mempertimbangkan kebutuhan pasar, keuangan, dan kesanggupan sumber daya perusahaan. 

Fokuslah pada dampak

Untuk mendukung inovasi, perusahaan perlu lebih fokus terhadap perubahan positif yang dapat diberikan kepada konsumen, bukannya jumlah keuntungan yang bisa dihasilkan dalam jangka pendek.

Berikut adalah cara-cara menciptakan inovasi dengan potensi menguntungkan yang diterapkan dengan memahami pasar dan membangun budaya kerja yang mendukung. Selanjutnya, apa kriteria inovasi yang menguntungkan? Dapatkan jawabannya di Modul Inovasi Bisnis Danamart Academy di academy.danamart.id.

Punya bisnis dengan rencana berkelanjutan dan ingin dikembangkan dengan dukungan modal dari Danamart? Yuk, buka danamart.id dan pelajari lebih lanjut!


Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/startup) dan Pemilik Modal (Investor) melalui penawaran efek berbasis ekuitas dan efek berbasis utang secara online dalam satu platform.

Referensi

https://www.merdeka.com/trending/pengertian-inovasi-menurut-para-ahli-ketahui-ciri-ciri-beserta-manfaatnya-kln.html

https://innovationmanagement.se/2010/12/06/five-steps-to-profitable-innovation/

https://umsu.ac.id/komunikasi-yang-efektif/

https://hbr.org/2020/11/how-apple-is-organized-for-innovation

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan
Save money atau menghemat uang
Tips Tahan Keinginan Belanja Untuk Amankan Dana Tabungan dan Investasi

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Save money atau menghemat uang

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id