5 Cara Menjaga Lingkungan Ala Gen Z dan Millenial

Saat ini bumi yang kita tinggali semakin tua, dengan berbagai macam masalah lingkungan di dalamnya. Nah, kamu sebagai anak muda harus mulai cari cara menjaga lingkungan agar alam tidak semakin rusak.

Jika lingkungan semakin buruk, maka bumi ini akan semakin tidak sehat untuk ditinggali. Saat ini ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan untuk jaga lingkungan. Mulai dari sesederhana menanam tanaman, hingga investasi.

Kok investasi bisa jaga lingkungan? Kalau penasaran, langsung saja yuk kita intip ulasan mengenai berbagai cara unik yang bisa anak muda lakukan untuk bisa menjaga lingkungan, berikut ini!

1.      Kurangi penggunaan kendaraan pribadi

Selain jadi penyebab kemacetan, banyaknya kendaraan pribadi seperti motor dan mobil di jalanan juga bisa berdampak buruk pada lingkungan.

Melansir Sciencing, polusi yang dihasilkan kendaraan bermotor berdampak besar pada perubahan iklim. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan gunakan transportasi massal.

Seperti bus, kereta api, kereta commuter, angkot, dan lain-lain. Selain itu, jika kamu ingin berpindah tempat dalam jarak dekat kamu bisa memilih jalan kaki atau naik sepeda.

2.      Jangan bosan lakukan 3R

Cara menjaga lingkungan yang kedua adalah dengan 3R. Masih ingat kan dengan 3R? 3R adalah singkatan dari reduce, reuse, dan recycle.

Barang-barang seperti kantong plastik yang sulit diurai bumi, jangan dibuang setelah sekali pakai. Kamu bisa menggunakannya kembali, atau mendaur ulang jadi sesuatu yang baru.

Selain penggunaan kembali dan daur ulang, kamu juga bisa mengurangi penggunaannya dengan barang sejenis yang bisa dipakai berkali-kali.

3.      Manfaatkan bank sampah

Mungkin selama ini kamu sudah punya keinginan untuk tidak membuang sampah plastik seperti botol bekas sabun, botol skincare, atau bekas makanan begitu saja.

Tapi berujung dengan menumpuknya barang-barang tersebut di rumah karena bingung mau dikemanakan. Nah, saat ini kamu bisa memanfaatkan jasa bank sampah seperti Waste for Change atau Octopus.

Lembaga-lembaga ini mengelola sampah menjadi hal-hal lain yang berguna dan bahkan bernilai rupiah lho.

4.      Gunakan air dengan bijak

Tahu gak sih, Ibukota Jakarta setiap tahunnya mengalami penurunan permukaan tanah dan terancam tenggelam. Hal ini salah satunya disebabkan oleh tingginya penggunaan air tanah.

Nah, salah satu cara yang kamu bisa lakukan untuk menjaga lingkungan adalah dengan bijak menggunakan air.

5.      Investasi hijau

Investasi hijau yang dimaksud di sini adalah melakukan investasi pada perusahaan-perusahaan yang fokus pada isu lingkungan atau yang melakukan bisnis di bidang ramah lingkungan.

Dengan berinvestasi pada perusahaan yang ramah lingkungan, kamu secara tidak langsung sudah ikut membantu upaya pelestarian lingkungan lho. Jadi bisa investasi dan menyelamatkan lingkungan, sekaligus!

Lalu di mana sih tempat untuk bisa menemukan perusahaan ramah lingkungan dan berinvestasi di dalamnya? Kamu bisa coba kunjungi Danamart.

Danamart merupakan penyedia layanan urun dana berbasis ESG pertama di Indonesia yang mempertemukan Pemilik Usaha (UMKM/Startup) dan Pemilik Modal (Investor), sekaligus didukung oleh edukasi inklusif dari Danamart Academy.

Nah itu dia 5 cara yang bisa Gen Z dan millennial lakukan untuk menjaga lingkungan. Semoga bermanfaat!

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id