Ciri-Ciri Toko Emas Yang Harus Anda Hindari

Source : Pexel

Ada banyak toko emas untuk anda gunakan sebagai tempat investasi dan membeli perhiasan. Namun, bagaimana memilih salah satu toko paling tepat? Yang terpenting, kenali jenis toko emas yang harus anda hindari ini ya!”

Emas bisa menjadi salah satu pilihan investasi terbaik. Karena harga emas cenderung naik setiap tahunnya. Tapi, walaupun ini adalah salah satu Investasi menguntungkan anda juga tidak bisa sembarangan menaruh modal (investasi). Emas ini sendiri ada 2 jenis yang bisa anda gunakan untuk investasi.

Yakni emas batangan dan emas perhiasan. Lantas, selain memilih mana bentuk emas yang lebih cocok anda gunakan. Anda juga harus tahu toko emas mana yang harus anda hindari ya! Ada beberapa ciri-ciri toko emas yang harus anda hindari, yakni:

1.  Tidak Transparan

Apa sih maksud transparan di sini? Nah, jika anda membeli emas, apalagi perhiasan emas. Akan ada kadar tersendiri dari campuran emas tersebut. Ada yang perhiasan kadarnya 70-90% terbuat dari emas. Ada juga yang lebih sedikit. Sehingga, kadar emas ini menandakan seberapa banyak kandungan lain yang tercampur selain emas murni.

Jika campuran logam lain selain emas lebih banyak tentu harganya jauh lebih murah. Biasanya akan ada kode tertentu yang digunakan oleh toko emas khusus perhiasan. Namun, kode ini ukurannya sangat mini dan harus anda perhatikan dengan seksama.

Tapi, biasanya toko emas yang baik akan memberikan informasi tentang berapa sih kadar emas yang akan anda beli tersebut. Jika anda membeli perhiasan, ada baiknya anda tanyakan berapa kadar emasnya ya! Seharusnya pihak toko bisa menjawab dengan transparan tanpa ada yang mereka sembunyikan.

2.  Tidak Konsisten

Masih tentang investasi perhiasan emas. Karena pada dasarnya penduduk kita memang lebih suka membeli emas perhiasan ketimbang emas batangan. Nah ketika anda membeli di satu toko, anda harus bertanya terlebih dahulu. Apakah nanti emas ini ketika dijual mengikuti harga pasar atau harga pada nota?

Pada awal pembahasan kita tadi sudah kita bahas bahwa harga emas cenderung naik, kan? Tapi, ada sebagian toko emas yang tidak menggunakan sistem ini. Kebanyakan malah menjebak konsumen mereka dengan menggunakan harga di nota. Jadi, anda harus tanya terlebih dahulu. Hindari membeli di toko yang jawabannya berbeda-beda. Kadang mereka menjawab menggunakan harga pasaran atau berikutnya mereka menggunakan harga di nota pembelian.

3.  Jenis Emas Tidak Lengkap

Biasanya anda pasti lebih tertarik membeli di toko emas yang menjual banyak jenis emas bukan? Misalnya pada tampilan produk yang mereka jual ada banyak pilihan varian emas lengkap. Salah satu faktor mengapa lebih disarankan membeli di toko yang produk lengkap adalah tentang kondisi keuangan.

Anda tidak ingin ketika membeli emas dengan tujuan investasi. Setelah beberapa waktu kemudian malah tokonya tutup, ya kan? Ketika anda jual di toko lain kemungkinan harga akan jatuh turun. Jadi, salah satu asumsi adalah toko yang memiliki keuangan stabil pasti akan menampilkan produk emas lengkap. Dan jika keuangan toko tersebut stabil maka lebih besar kemungkinan untuk tetap beroperasi dalam jangka waktu lama.

4.  Pelayanan Tidak Bagus

Emas termasuk barang mahal, bukan? Jadi hindari toko emas yang sistem pelayanan mereka buruk. Misalnya ketika anda bertanya mereka enggan menjawab. Atau menjawab seadanya dengan pelayanan kurang ramah. Jauh-jauh dari toko seperti itu ya gais. Jangan sampai nantinya malah anda dipersulit ketika ingin menjual kembali emas tersebut oleh mereka.

Tags :
Share Artikel Ini :

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Yuk, Investasi ke Diri Sendiri Saat Long Weekend!
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
Pembangkit Listrik Kecil, Solusi Akses Listrik Yang Lebih Luas!
securities crowdfunding
Perbedaan Equity Crowdfunding dan Securities Crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan
Literasi Keuangan, Investasi Terbaik untuk Masa Depan

Kategori Blog

Arsip Blog

Artikel Terbaru

travel-concept-with-open-luggage
Pembangkit listrik tenaga mikrohidro
securities crowdfunding
Ilustrasi belajar ilmu keuangan untuk tambah literasi keuangan

Sosial Media

Berizin dan Diawasi

Subscribe

Subscription Form

© Copyright by danamart.id