Biaya

Penerbit

Biaya Adminitrasi
Biaya yang dikenakan kepada Penerbit atas penggunaan platform Penyelenggara untuk menawarkan efek/surat berharganya. Biaya ini akan dipotong sebelum Penerbit menerima dana hasil penawaran efek/surat berharga. Besaran persentasenya yaitu 5% dari total dana hasil penawaran efek/surat berharga.

Biaya KSEI dan Bank Kustodian

Pihak Keterangan Biaya
KSEI Joining fee (one time) Rp.3.750.000,00
KSEI Pendaftaran Efek Tahunan per Efek yang diterbitkan Rp. 2.500.000,00
KSEI Pelaksanaan Tugas Agen Pembayaran Khusus (Penerbit EBUS) Min. Rp. 500.000,- Maks Rp. 2.500.000,-
Bank Kustodian Biaya Bank Kustodian 0.2% per efek per tahun


Tambahan Biaya Penerbit EBUS

Biaya Imbal Hasil
Biaya ini dikenakan kepada Penerbit atas penawaran efek/surat berharga bebasis obligasi yang dibayarkan kepada Pemodal. Besaran biaya ini berupa persentase imbal hasil per tahun, yaitu 12% s/d 24% per tahun.

Biaya Asuransi (jika ada)
Untuk saat ini tidak dikenakan biaya.

Biaya Denda

Denda Pembatalan Penawaran oleh Penerbit
Denda yang harus dibayarkan oleh Penerbit akibat dari Penerbit membatalkan penawaran efek/surat berharganya. Denda ini wajib dibayarkan oleh Penerbit kepada Penyelenggara, yang selanjutkan akan menjadi hak Penyelenggara dan Pemodal. Besaran denda ini adalah 2,5% dari total dana yang sudah berhasil dihimpun pada saat Penerbit membatalkan penawaran efek/surat berharganya atau minimal Rp. 10.000.000,-

Denda Keterlambatan Pembayaran Kupon
Denda yang harus dibayarkan oleh Penerbit akibat dari Penerbit terlambat melakukan pembayaran kupon obligasi yang sudah menjadi hak Pemodal. Besaran denda ini adalah 0,2% per hari dari total kewajiban kupon/bagi hasil obligasi yang harus dibayarkan.

Denda keterlambatan Pembayaran Dividen
Denda yang harus dibayarkan oleh Penerbit akibat dari Penerbit terlambat melakukan pembayaran dividen yang dijanjikan yang sudah menjadi hak Pemodal. Besaran denda ini adalah 0,25% per minggu dari total kewajiban dividen yang harus dibayarkan.

Denda Tidak Menyerahkan Laporan Berkala (EBE)
Denda yang harus dibayarkan oleh Penerbit EBE akibat dari Penerbit tidak menyerahkan laporan triwulan dan/atau tahunan. Apabila Penerbit tidak menyerahkan laporan triwulan dan/atau tahunan Penerbit wajib membayar denda sebesar 20% dari jumlah pendanaan.

Denda Mendapatkan Surat Peringatan ke-3 (EBU)
Denda yang harus dibayarkan oleh Penerbit EBU karena telah mendapat Surat Peringatan ke-3 dari Penyelenggara. Penerbit harus membayar denda sebesar 0,2% dari total kewajiban pokok obligasi yang harus dibayarkan.

Pemodal

Biaya Administrasi
Biaya yang akan dipotong dari penerimaan kupon atau dividen dari Penerbit yang menjadi hak Pemodal atas pembelian efek dari platform Danamart, yaitu sebesar 10% dari penerimaan kupon atau dividen.

Biaya Lain-Lain
Transfer Dana Untuk saat ini tidak dikenakan biaya
Tarik Dana Untuk saat ini tidak dikenakan biaya
Pembelian Pasar Perdana Untuk saat ini tidak dikenakan biaya
Penjualan di Pasar Sekunder Untuk saat ini tidak dikenakan biaya
Pembelian di Pasar Sekunder Untuk saat ini tidak dikenakan biaya